Kredibilitas dan Daya Tarik Pustakawan Sebagai Komunikator Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pemustaka

Authors

  • Nurasmi Perpustakaan Universitas Riau
  • Nurjanah Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Fisip, Universitas Riau
  • Zurkarnain Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Fisip, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31258/jgp.9.1.38-51

Keywords:

credibility, librarian, attraction, Satisfaction, and loyalty

Abstract

Good library management must be implemented. In order for management to be carried out properly, a credible and competent librarian is needed in carrying out their duties. This study aims to examine the effect of librarian credibility and librarian attractiveness on visitor satisfaction and loyalty. The research uses a quantitative approach. The analytical method used is Structural Equation Modeling (SEM). Statistical analysis tools used are PSPP and LISREL application. The number of research samples is 200 people. The final analysis used Confirmatory Factor Analysis (CFA). The results showed that the credibility of the librarian has a significant effect on visitor satisfaction (T value = 4.34), the attractiveness of the librarian has a significant effect on visitor satisfaction (T = 3.302). The librarian's credibility does not directly have a significant effect on customer loyalty (T-values = 1.22) but indirectly significantly (T-values = 2.129), the attractiveness of librarians does not directly significantly affect customer satisfaction (T-values). = 1.07), but through intervention (indirectly the attractiveness of librarians has a significant effect on customer loyalty (T value = 2.354), customer satisfaction also has a significant effect on customer loyalty (T value = 2.42). significant direct effect on visitor satisfaction and indirectly on the loyalty of library users at the Riau University Library.

References

Amin Saleh (2014) ‘Pengaruh Kredibilitas Pustakawan Pada Layanan Referensi Terhadap Kepuasan Pemustaka Di Badan Perpustakaan Dan Arsip Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat’ [online] Jurnal Edulib, issue 1, vol. 4, Mei 2014 pp. 1-15. Doi: 10.17509/edulib.v4i1.1169.

Antar Venus (2004) Manajemen Kampanye:panduan teoretis dan practis dalam mengefektifkan kampanye komunikasi. Bandung

Budi Trianto (2016) Riset Modeling: teori, konsep dan prosedur melakukan penelitian serta pengolahan data penelitian dengan program SPSS dan LISREL. Ed. 2. Pekanbaru: Adh Dhuha Insitut.

Clark, Jason K. And Evans, Abigail T. (2014) ‘Source Credibility and Persuasion: The Role of Message Position in Self-Validation’ Personality and Social Psychology Bulletin. 2014 Vol. 40(8) DOI: 10.1177/0146167214534733 pspb.sagepub.com. diakses 30-11-2019.

Creswell, J. W. (2016) Research Design: Pendekatan Metode Kulitatif, Kuantitatif, dan Champuran. Edisi keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dwininda Kusuma wardhani,Tine Silvana Rachmawati, Prijana (2018) ‘Hubungan Kredibitas Pustakawan dengan Loyalitas Pemustaka Pada Perpustakaan UNISBA [online] Jurnal Libraria , Vol. 6, No. 1, Juni 2018 pp 153-174 diakses 5 Oktober 2019.

Edi Riadi (2018) Statistik SEM Structural Equation Modeling dengan LISREL. Yogyakarta: Andi.

Fandy Tjiptono (2016) Service Quality dan Satisfaction. Ed. 4. Yogyakarta: Andi.

Fransisca Rahayuningsih (2015) Mengukur kepuasan pemustaka menggunakan metode LIBQUAL+tm.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hafied Cangara (2007) Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Išoraitė, Margarita (2016) ‘Customer Loyalty Theoretical Aspects’ [online] Ecoforum, [Volume 5, Issue 2 (9), 2016] pp. 292-299 diakses 5 Oktober 2019.

Jalaludin Rakhmat (2005) Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Leila Mona (2001) ‘Komunikasi Non Verbal pada Kredibilitas Komunikator. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia.

Nina Rahmayanty (2010) Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Onong Uchjana Effendy (2005) Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pawit M. Yusup (2014) Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Ed. 1. Jakarta: Bumi Aksara.

Pawit M. Yusup (2016) Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Ed. 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusmadi Awza (2000) ‘Pengaruh Kredibilitas, Daya tarik, dan Kewenangan Pimpinan sebagai Komunikator Terhadap Etos Kerja Karyawan Hotel Berbintang III di Kotamadya Pekanbaru (kasus pada Hotel Mutiara Merdeka). Tesis. Bandung: Program Pasca Sarjana Universitas Padjajaran.

Rusmadi Awza (2012) ‘Kredibilitas, Daya tarik, dan Kewenangan Pimpinan sebagai Komunikator Terhadap Etos Kerja Karyawan’ Jurnal Ilmu Komunikasi, Vo. 1, Nomor 1, Maret 2012 hlm. 1-7.

Toni Wijaya (2011) Manajemen Kualitas Jasa: desain Servqual, QFD, dan Kano disertai contoh aplikasi dalam kasus penelitian. Jakarta: Indeks.

Yasin Setiawan (2019) ’Pengaruh Komunikasi berbasis komputer terhadap kualitas pelayanan perpustakaan dan kepuasan pemustaka’ [online].Jurnal Riset Komunikasi 3(1):1-17 Februari 2020. DOI: 10.24329/jurkom.v3i1.88 diakses 4 Maret 2020.

Yunesa Puti Lalita (2015) ‘Hubungan Kredibilitas Sumber (Source Credibility) dan Daya Tarik Sumber (Source Attractiveness) dengan Sikap Masyarakat pada Kebijakan Walikota (Studi sikap mahasiswa Surabaya terhadap Kebijakan Pemerintah Kota Surabaya di bawah pimpinan Tri Rismaharini). Tesis. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Komunikasi Kekhususan Manajemen Komunikasi Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2021-07-16

Issue

Section

Articles