Kredibilitas dan Daya Tarik Pustakawan Sebagai Komunikator Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pemustaka

Penulis

  • Nurasmi Perpustakaan Universitas Riau
  • Nurjanah Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Fisip, Universitas Riau
  • Zurkarnain Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Fisip, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31258/jgp.9.1.38-51

Kata Kunci:

kredibilitas, pustakawan, daya Tarik, kepuasan, loyalitas

Abstrak

Untuk dapat mengelola perpustakaan dengan baik, diperlukan pustakawan yang kredibel dan kompeten dalam menjalankan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kredibilitas pustakawan dan daya tarik pustakawan terhadap kepuasan dan loyalitas pengunjung. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode analisis digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM). Alat analisis statistik yang digunakan adalah PSPP dan aplikasi LISREL. Jumlah sampel penelitian 200 orang. Analisis akhir menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas pustakawan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung (nilai T = 4,34), daya tarik pustakawan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung (nilai T = 3,302). Kredibilitas pustakawan secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (T-values = 1,22) tetapi secara tidak langsung berpengaruh signifikan (T-values = 2,129), daya tarik pustakawan tidak secara langsung berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (T-values). = 1,07), tetapi melalui intervensi (secara tidak langsung daya tarik pustakawan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (nilai T = 2,354), kepuasan pelanggan juga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (nilai T = 2,42). kredibilitas dan daya tarik pustakawan berpengaruh langsung signifikan terhadap kepuasan pengunjung dan secara tidak langsung terhadap loyalitas pengguna perpustakaan di Perpustakaan Universitas Riau.

Referensi

Amin Saleh (2014) ‘Pengaruh Kredibilitas Pustakawan Pada Layanan Referensi Terhadap Kepuasan Pemustaka Di Badan Perpustakaan Dan Arsip Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat’ [online] Jurnal Edulib, issue 1, vol. 4, Mei 2014 pp. 1-15. Doi: 10.17509/edulib.v4i1.1169.

Antar Venus (2004) Manajemen Kampanye:panduan teoretis dan practis dalam mengefektifkan kampanye komunikasi. Bandung

Budi Trianto (2016) Riset Modeling: teori, konsep dan prosedur melakukan penelitian serta pengolahan data penelitian dengan program SPSS dan LISREL. Ed. 2. Pekanbaru: Adh Dhuha Insitut.

Clark, Jason K. And Evans, Abigail T. (2014) ‘Source Credibility and Persuasion: The Role of Message Position in Self-Validation’ Personality and Social Psychology Bulletin. 2014 Vol. 40(8) DOI: 10.1177/0146167214534733 pspb.sagepub.com. diakses 30-11-2019.

Creswell, J. W. (2016) Research Design: Pendekatan Metode Kulitatif, Kuantitatif, dan Champuran. Edisi keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dwininda Kusuma wardhani,Tine Silvana Rachmawati, Prijana (2018) ‘Hubungan Kredibitas Pustakawan dengan Loyalitas Pemustaka Pada Perpustakaan UNISBA [online] Jurnal Libraria , Vol. 6, No. 1, Juni 2018 pp 153-174 diakses 5 Oktober 2019.

Edi Riadi (2018) Statistik SEM Structural Equation Modeling dengan LISREL. Yogyakarta: Andi.

Fandy Tjiptono (2016) Service Quality dan Satisfaction. Ed. 4. Yogyakarta: Andi.

Fransisca Rahayuningsih (2015) Mengukur kepuasan pemustaka menggunakan metode LIBQUAL+tm.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hafied Cangara (2007) Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Išoraitė, Margarita (2016) ‘Customer Loyalty Theoretical Aspects’ [online] Ecoforum, [Volume 5, Issue 2 (9), 2016] pp. 292-299 diakses 5 Oktober 2019.

Jalaludin Rakhmat (2005) Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Leila Mona (2001) ‘Komunikasi Non Verbal pada Kredibilitas Komunikator. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia.

Nina Rahmayanty (2010) Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Onong Uchjana Effendy (2005) Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pawit M. Yusup (2014) Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Ed. 1. Jakarta: Bumi Aksara.

Pawit M. Yusup (2016) Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Ed. 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusmadi Awza (2000) ‘Pengaruh Kredibilitas, Daya tarik, dan Kewenangan Pimpinan sebagai Komunikator Terhadap Etos Kerja Karyawan Hotel Berbintang III di Kotamadya Pekanbaru (kasus pada Hotel Mutiara Merdeka). Tesis. Bandung: Program Pasca Sarjana Universitas Padjajaran.

Rusmadi Awza (2012) ‘Kredibilitas, Daya tarik, dan Kewenangan Pimpinan sebagai Komunikator Terhadap Etos Kerja Karyawan’ Jurnal Ilmu Komunikasi, Vo. 1, Nomor 1, Maret 2012 hlm. 1-7.

Toni Wijaya (2011) Manajemen Kualitas Jasa: desain Servqual, QFD, dan Kano disertai contoh aplikasi dalam kasus penelitian. Jakarta: Indeks.

Yasin Setiawan (2019) ’Pengaruh Komunikasi berbasis komputer terhadap kualitas pelayanan perpustakaan dan kepuasan pemustaka’ [online].Jurnal Riset Komunikasi 3(1):1-17 Februari 2020. DOI: 10.24329/jurkom.v3i1.88 diakses 4 Maret 2020.

Yunesa Puti Lalita (2015) ‘Hubungan Kredibilitas Sumber (Source Credibility) dan Daya Tarik Sumber (Source Attractiveness) dengan Sikap Masyarakat pada Kebijakan Walikota (Studi sikap mahasiswa Surabaya terhadap Kebijakan Pemerintah Kota Surabaya di bawah pimpinan Tri Rismaharini). Tesis. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Komunikasi Kekhususan Manajemen Komunikasi Universitas Indonesia.

Diterbitkan

16-07-2021

Terbitan

Bagian

Articles