Kajian Terhadap Kepuasan Pemustaka dalam Menerima Layanan Petugas Perpustakaan di Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.31258/jgp.9.1.69-83Kata Kunci:
kepuasan, pemustaka, kinerja, perpustakaanAbstrak
Kepuasan pemustaka merupakan hal penting dalam menentukan pertumbuhan dan kemajuan perpustakaan. Pemustaka yang merasakan adanya kepuasan terhadap layanan perpustakaan cenderung merasa senang. Sebaliknya yang tidak merasakan kepuasan cenderung merasa tidak senang. Rasa senang dan tidak senang merupakan persepsi yang bersifat relatif. Secara empirik gejala persepsi dari rasa senang dan tidak senang terhadap layanan dapat terlihat. Hal ini menjadi perhatian serius dan menjadi sebuah pertanyaan yang harus dijawab, bagaimana tingkat kepuasan pemustaka terhadap layanan petugas di perpustakaan Universitas Negeri Jakarta. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan pemustaka terhadap layanan petugas perpustakaan Universitas Negeri Jakarta. Kajian menggunakan metode deskrptif. Sampel yang diteliti 350 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan model skala Likert. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa kepuasan pemustaka terhadap layanan petugas perpustakaan termasuk kategori memuaskan. Hal ini dapat ditujukkan bahwa skor rerata total yang dihasilkan sebesar 3,70. Hasil penelitian ini berguna untuk menentukan strategi dalam peningkatan kinerja layanan perpustakaan. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa pemustaka merasa puas terhadap layanan petugas perpustakaan. Artinya adalah bahwa kinerja layanan yang dimiliki petugas perpustakaan dapat memberikan kepuasan.
Kata Kunci: kepuasan; pemustaka; kinerja; dan perpustakaan.
Referensi
Batubara, Abdul Karim. (2019). Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan Perpustakaan. Jurnal Iqra’ . 3(1), 9-17. Diambil 21 Agustus 2020, from. http://repository.uinsu.ac.id/33/1/ vol%2003%20n0.01%202009%20%282%29.pdf
Hasan, Thamrin. (2020). Layanan Daring Perpustakaan Perguruan Tinggi dan Sikap Terhadap Kepuasaan Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19 di Provinsi Riau. Laporan Penelitian. Jakarta: Perpusnas RI.
ISO (2014). International Organization for Standardization atau ISO 11620-2014. Diambil, 25 Maret 2020. From. https://www.iso.org/standard/56755.html
Kistoro, Hanif Cahyo Adi dan Wachdiati. (2017). Hubungan Antara Frekuensi Kunjungan ke Perpustakaan dengan Prestasi Belajar PAI pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Panjatan Kulonprogo Yogyakarta. Diambil 17 Mei 2020, from. https://core.ac.uk/download/pdf/ 230723745.pdf
Lestari, Ratih Tri. (2012). Persepsi Masyarakat Tentang Kualitas Pelayanan Perpustakaan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Banjarnegara. Diambil 22 September 2020, from. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/607/0
Martoatmodjo, Karmidi. (2011). Bab II. Tinjauan Pustaka. Diambil 27 Juli 2020, from. https://docplayer.info/38021098-Bab-ii-tinjauan-pustaka.html
Nashihuddin, Wahid dan Dwi RA. (2015). Evaluasi Kepuasan Pelanggan pada Jasa Perpustakaan dan ISSN PDII-LIPI. Jurnal Dokumentasi dan Informasi. 36 (1), 77-95.
Ningrum, Roh Fitri. (2014). Pengaruh Pelayanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Pengunjung di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi. Fakultas Teknik UMS.
Perpusnas RI. (2015). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Perpusnas
Puspa, Erny. (2015). Analisis Kepuasan Pemustaka Terhadap Pelayanan Perpustakaan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan Budidaya. Jurnal Pari. 2(2). 113-125.
Rahayu, Lisda. (2012). Dasar-Dasar Layanan Perpustakaan. Jakarta: UT Press. E-Books Diambil, 12 Agustus 2020, from. www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/ PUST4104-M1.pdf
Rakib, Fatmawati A. (2013). Kepuasan Pemustaka Terhadap Layanan Perpustakaan Keliling Terapung: Studi Kasus di Kota Ternate. Jurnal. 2(4), 1-13. Diambil 22 September 2020, from. https://media.neliti.com/media/publications/94781-ID-kepuasan-pemustaka-terhadap-layanan-perp.pdf
Ridho, A. (2016). Frekuensi Kunjungan Siswa ke Perpustakaan Sekolah MTs Raudhatun Nasihin Terhadap Minat Baca Siswa pada Mata Pelajaran Aidah Akhlak di MTs MTs Raudhatun Nasihin Desa Aremantai Kecamatan Semendo Darat Ulu Kabupaten Muara Enim. Skripsi. UIN Raden, Palembang. Diambil 25 Juli 2020, from. http://repository.radenfatah.ac. id/id/eprint/581
Rodin, R. (2015). Urgensi Kualitas Pelayanan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Kajian
Informasi dan Perpustakaan. 3 (1), 101–110.
Sulistyo-Basuki. (2011). Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta: Gramedia.
Suwarno, Wiji. (2012). Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wahyudi, M. Rohmad. (2017). Pemikiran Mutu Menurut Joseph M. Juran dan W. Edward Deming. Diambil, 11 Juni 2020 from. https://radenmazyudhi.blogspot.com/2017/05/ pemikiran-mutu-menurut-joseph-m-juran.html
Walker, A. & Heather, L. (2013). A Problem Based Learning Meta Analysis: Defferences Across Problem Types, Implementation Types, Disciplines, and Assesment Levels. The Interdiciplinary Journal of Problem-based Learning. 3 (1), 12-43
Wijaya, Raden. (2014). Skala Likert: Metode Perhitungan, Persentase, dan Interval. Diambil 21 Juli 2020, from. https://www.slideshare.net/wijayaraden/skala-likert-metode-perhitungan-persentase-dan-interval
Yulia, Yuyu. (2012). Pengantar Pengembangan Koleksi. E-Book. Diambil 22 Juli 2020, from. http://repository.ut.ac.id/4139/1/PUST2230-M1.pdf
Yulianti, F. & Wahdah, R. (2018). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada PDAM Bandarmasih di Banjarmasin. Jurnal EcoMent Global. 3 (2), 84-102.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Ahmad Rijal Pahlevy-1

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Thamrin Hasan, Rekhman, Asmawati, Analisis Tingkat Plagiarisme Manuskrip Hasil Penelitian Mahasiswa Dengan Menggunakan Software Turnitin di Perpustakaan Fakultas Keperawatan Universitas Riau , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 9 No 1 (2021)
- Thamrin Hasan, Yurnalis, Kajian Bibliometrik Produktivitas Publikasi Ilmiah Dosen Unri Pada Jurnal Terindeks Scopus Berdasarkan Dalil Lotka’s Law , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 10 No 2 (2022)
- Khusnun Nadhifah, Thamrin Hasan, Tingkat Kemutakhiran Literatur Rujukan Dalam Artikel Ilmiah Pada Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keperawatan Universitas Riau Publikasi Tahun 2019-2021 , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 10 No 1 (2022)
- Thamrin Hasan, Hadriani, Yurnalis, Gambaran Psikologis Pejabat Fungsional Pustakawan Sebagai Petugas Layanan Perpustakaan pada Masa Pandemi COVID-19 di Provinsi Riau , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 9 No 1 (2021)
- Thamrin Hasan, Layanan Library E-Resources Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi Kota Pekanbaru Semester Genap Tahun Akademis 2020/2021 , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 9 No 2 (2021)
- Thamrin Hasan, Nela Hariza Novriani, Yurnalis, Asmawati, Pengaruh Bimbingan Layanan Pendamping Terhadap Peningkatan Kemampuan Penulisan Artikel Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Riau , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 11 No 1 (2023)
- Hasnidar, Thamrin Hasan, Hadriani, Analisis Bibliometrik Menggunakan VOSviewer Terhadap Publikasi Artikel Jurnal Gema Pustakawan di Google Scholar , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 11 No 2 (2023)
- Thamrin Hasan, Mohamad Djaenudin, Pemetaan Bibliometrik Menggunakan VOSviewer Terhadap Perkembangan Hasil Penelitian Literasi Informasi Pada Jurnal Perpustakaan di Indonesia , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 11 No 2 (2023)
- Mulida Djamarin, Thamrin Hasan, Tingkat Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa Berdasarkan Standard Association of College and Research Libraries , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 11 No 2 (2023)
- Thamrin Hasan, Yurnalis, Analisis Bibliometrik In Find Research Gap Bidang Ilmu Keperawatan Menggunakan Aplikasi Publish or Perish dan Vosviewer di Indonesia , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 12 No 1 (2024)