Hubungan Antara Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi Kota Pekanbaru

Penulis

  • Asmawati Universitas Riau
  • Thamrin Hasan Universitas Riau
  • Diani Hartati Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31258/jgp.9.2.156-168

Kata Kunci:

baca, belajar, minat, prestasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat baca terhadap prestasi belajar mahasiswa di perguruan tinggi Kota Pekanbaru. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik korelasional. Responden penelitian adalah mahasiswa aktif berjumlah 300 orang yang diambil dari 20 perguruan tinggi negeri dan swasta yang berada di Kota Pekanbaru, dengan menggunakan teknik quata sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner, dengan model skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara minat baca terhadap prestasi belajar mahasiswa, dengan koefisien korelasi ( R ) sebesar 0,068. Nilai koefisien korelasi ini menunjukan bahwa tingkat kekuatan hubungannya sangat lemah. Dan diperoleh nilai koefisien determinasi R Square (R2) sebesar 0,005. Ini artinya menunjukkan bahwa pengaruh variable X terhadap Y hanya sebesar 0,50%. Hasil penelitian ini memiliki kegunaan bagi perbaikan dan peningkatan pembinaan minat baca, terutama pada perguruan tinggi Kota Pekanbaru. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar mahasiswa dapat ditingkat dengan minat baca.   

Referensi

Agustin, Vivin Nurul. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Journal of Elementary Education. Vol. 2 (1), Hlm. 39-43.

Asfihan, Akbar. (2021). Pengertian Prestasi Menurut Para Ahli. Dipetik 31 Agustus 2021. From: https://adalah.co.id/prestasi/

Azhar. (2012). Definisi, Pengertian dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Dipetik, 21 Nopember 2021. From: https://azharm2k.wordpress.com/2012/05/09/definisi-pengertian-dan-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-prestasi-belajar/

Dahar, Ratna Wilis. (2012). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dahlan, Ahmad. (2020). Definisi Prestasi Belajar dan Faktor-Faktor Prestasi Belajar. Dipetik, 21 Oktober 2021. From: https://eurekapendidikan.com/definisi-prestasi-belajar-dan-faktor#:~: text=Prestasi%20belajar%20merupakan%20penguasaan%20terhadap%20mata20pelajaran% 20 yang,mengikuti%2C%20mengerjakan%20tugas%20dan%20kegiatan%20pembelajaran%20di%20sekolah.

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo.

Haryadi. (2012). Pokok-Pokok Keterampilan Membaca. Semarang: UNS.

Maesaroh, Siti. (2013). Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan. Vol.1 (1), Hlm. 150-168.

Pahlevy, Ahmad Rizal & Thamrin H. (2021). Kajian Terhadap Kepuasan Pemustaka dalam Menerima Layanan Petugas Perpustakaan di Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Gema Pustakawan. Vol. 9 (1), Hlm. 69-83.

Purwanto. (2012). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rabbani, Aletheia. (2020). Pengertian Sampel Kuota (Quota Sampling), Syarat, Tahap, Kelebihan, dan Kekurangan. Dipetik, 21 Juni 2021. From: https://www.sosial79.com/2020/12/pengertian-sampel-kuota-quota-sampling.html

Rahim, Farida. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudarsana, Undang, dan Bastiano. (2010). Materi Pokok Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Univ. Terbuka.

Sobur. (2013). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Unduhan

Diterbitkan

10-01-2022

Terbitan

Bagian

Articles