Analisis Strategi Komunikasi Layanan Perpustakaan Universitas Riau Di Era Pandemi COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31258/jgp.10.1.33-46Kata Kunci:
Strategi komunikasi, Strategi komunikasi perpustakaan, pandemic covid19Abstrak
Pandemi COVID-19, telah merubah seluruh tatanan kehidupan, dan telah memaksa seluruh perpustakaan untuk melakukan inovasi agar tetap eksis dengan menerapkan strategi komunikasi perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi perpustakaan Universitas Riau pada masa pandemi COVID-19. Metode yang diganakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Wawancara dilakukan terhadap tiga informan interen perpustakaan ditambah empat informan eksteren dari kalangan mahasiswa. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, display data, dan terakhir verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi perpustakaan Universitas Riau pada masa pandemi COVID-19 meliputi tiga hal, yaitu: 1) Menjalankan program yang sudah ada, 2) Melakukan pengembangan aplikasi untuk pelayanan berupa e-form, mengoptimalkan pemanfaatan sosial media dalam komunikasi dan penyebaran informasi. 3) Melakukan pengurangan sanksi. Simpulan penelitian ini adalah bahwa strategi komunikasi layanan yang dilakukan pada masa pandemic COVID-19 di Perpustakaan Universitas Riau dapat memberikan dampak positif terhadap pemenuhan kebutuhan informasi pemustaka.
Referensi
Alajmi, B. M. and Albudaiwi, D. (2021). Public Library Quarterly Vol. 40, No. 6, 540–556. Response to COVID-19 Pandemic: Where Do Public Libraries Stand? https://scholar.google.com/ scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=library+communications+during+covid+19&btnG= diakses 2 Oktober 2021
Alwasilah, A. C. (2012). Pokoknya kualitatif: dasar-dasar merancang dan melakukan penelitian kualitatif. Jakarta.
Cangara, H. (2013). Perencanaan dan strategi komunikasi. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Cerf ,V. G. Communications of the ACM Volume 63, Number 6 (2020), Pages 7-7. Cerf's up: Implications of the COVID-19 pandemic. https://dl.acm.org/doi/fullHtml/10.1145/3397262. Diakses 2 Oktober 2021
Djunaidi, M. G dan Almanshur, F. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta. ArRuzz Media.
Farida, N H. (2020). Strategi komunikasi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Karanganyar dalam meningkatkan pengunjung. Skripsi. Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta.
Hasan, T. dan Rifa’I, A. (2021). Layanan Daring perpustakaan Perguruan Tinggi dan Sikap Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Masa Pandemi COVID-19 di Provinsi Riau. Jurnal Media Pustakawan. 28 (2), 98-108.
Huda, S, Ratnawati, D. (2019). Strategi komunikasi internal dalam pengelolaan Perpustakaan Institut. Indonesian Journal of Academic Librarianship Volume 3, Issue 3, October 2019, Pages 23-32. [online]http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/TI/article/view/627 diakses 24/5/2021
Indonesia. (2007). Undang-undang RI No. 43 tentang Perpustakaan. Jakrta: Kementrian Hukum dan Hak Azasi Manusia RI.
Lasa. (2009). Kamus Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta. Pustaka Book.
Levine, M., Winduwati. S. (2021). Strategi Komunikasi Dosen Perguruan Tinggi Swasta dalam Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19. EJurnal Koneksi, Vol. 5 No. 1. https://scholar.google.co.id/scholar?start=50&q=strategi+komunikasi+perpustakaan+pada+masa+pandemi+covid+19&hl=en&as_sdt=0,5&as_vis=1 diakses 9 Juni 2021.
Siregar, S. (2012). Statistika deskriptif untuk penelitian, Jakarta. Rajawali Pers.
Sugiono. (2012). Memahami penelitian kualitatif. Bandung, Alfabeta.
______. (2010). Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.
Suprihatin. (2021). Dalam Protokol dan Risiko Layanan Perpustakaan di Masa Pandemi. Vol. 2, Aceh. Syiah Kuala University Press.
Sumber lain:
Alodokter. (2020). covid 19. Alodokter. https://www.alodokter.com/covid-19. Diakses 9 Mei 2021.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Nurasmi, Deliza Zakir, Sumarni

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Yuli Astuti, Nurasmi, Pengembangan Perpustakaan Digital Universitas Riau Dengan Program Library Management System (Slims) , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 1 No 1 (2013)
- Nurasmi, Nurjanah, Zurkarnain, Kredibilitas dan Daya Tarik Pustakawan Sebagai Komunikator Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pemustaka , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 9 No 1 (2021)
- Endang Murniati, Nurasmi, Nurhayati, Rusmadi Awza, Studi Enterprise Risk Management (ERM) Ditinjau dari Kekuatan dan Kelemahannya di Perpustaskaan Universitas Riau , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 10 No 2 (2022)
- Deliza Zakir, Sumarni, Nondot, Tingkat Literasi Informasi Mahasiswa Universitas Riau Berdasarkan Seven Pillars Model , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 11 No 1 (2023)
- Indriyeni, Nurasmi, Yuli Astuti, Analisis strategi perpustakaan Politeknik Caltex Riau (PCR) dalam mendukung Kegiatan literasi Informasi , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 11 No 1 (2023)
- Nurasmi, Evi Susanti, Nurhayati, Anton Yuliarto, Ketersediaan Koleksi Perpustakaan dalam Mendukung Kurikulum Merdeka Belajar Pada Bidang Penjaskesrek di Universitas Riau , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 11 No 2 (2023)
- Yasin Setiawan, Deliza Zakir, Sodirin, Strategi Menumbuhkan Minat Baca Pada Taman Bacaan Masyarakat Inara Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 11 No 2 (2023)