Studi Terhadap Peran dan Strategi Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta di Pekanbaru Pada Masa Pandemi COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31258/jgp.10.1.1-9Kata Kunci:
Strategi, Pandemi COVID-19, perpustakaan perguruan tinggiAbstrak
Tujuan penelitian yang dilakukan ini adalah untuk mengetahui peran perpustakaan dan strategi pelayanan perpustakaan perguruan tinggi swasta di Kota Pekanbaru pada masa pandemi COVID-19.. Penelitian in menggunakan metode deskripsi kualitatif, sampel dalam penelitian ini terdiri dari empat perguruan tinggi swasta di Kota Pekanbaru. Pengambilan data dilakukan melalui studi literatur dan wawancara kepada informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan perguruan tinggi swasta Kota Pekanbaru memiliki peran sebagai penyedia sumber belajar dalam mendukung pembelajaran daring, dan sebagai sarana dalam membantu promosi perpustakaan, serta sebagai wadah dalam mensosialisasikan pencegahan penularan COVID-19. Kemudian, capaian penerapan tujuh kategori strategi pelayanan perpustakaan perguruan tinggi berturut-turut tertinggi sampai terendah yaitu Perpustakaan Politeknik Caltex Riau, Perpustakaan STIMIK AMIK Riau, Perpustakaan STIKES Hang Tuah Pekanbaru, dan Perpustakaan Universitas Abdurrab. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa perpustakaan perguruan tinggi swasta Kota Pekanbaru pada masa pandemic COVID-19 memiliki peran dan strategis layanan yang dapat dikembangkan secara holistik terhadap eksistensi perpustakaan.
Referensi
Ali, M. Y., & Gatiti, P. (2020). The COVID-19 (Coronavirus) pandemic: reflections on the roles of librarians and information professionals. Health Information and Libraries Journal. https://doi.org/10.1111/hir.12307
American Library Association. (ALA). Diakses 12-03-2021, dari: (http://ala.org/acrl/ilconstan.html).
Bamgbade B.J., dkk. (2015). Comparative analysis and benefits of digital library over traditional library. World Scientific News, 24, 1–7. Retrieved from www.worldscientificnews.com.
Hasan, T. dan Rifa’I, A. (2021). Layanan Daring Perpustakaan Perguruan Tinggi dan Sikap Terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Masa Pandemi COVID-19 di Provinsi Riau. Media Pustakawan. 28 (2), 98-108.
IFLA. (2020). IFLA School Library Guidelines. International Federation of Library Associations and Institutions.
Johan, RC. (2020). Optimalisasi Layanan Dalam Jejaring Perpustakaan Upi Masa Bencana Covid-19. Dipetik, 12 Maret 2021, From, http://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/index
Mardiyanto, V. (2018). Opini dan Analisis Program Layanan Informasi di Perpustakaan Aplikasi Imobile Ipusnas). Tik Ilmeu :Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 1. https://doi.org/10.29240/tik.v2i1.396
Perpustakaan Nasional RI. (2011). Standar Nasional Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.
Putut Suharso I, Imaniar Putri A, Mizarti Dewi (2020). Layanan Perpustakaan perguruan Tinggi dalam Menghadapi Pandemi COVID-19. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/anuva
Qalyubi, S., Purwono, Septiyantono, T., Sidik, U., Tafrikhuddin, Arianto, M. S., Laugu, N. (2007). Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga.
Republik Indonesia. (2007). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Sekretariat Negara.
Saleh, A.R. dan Rita K. (2014). Manajemen Perpustakaan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.Sutarno NS. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 ajir, Yurnalis , Aryen Wildani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.