Tingkat Literasi Informasi Mahasiswa Universitas Riau Berdasarkan Seven Pillars Model

Penulis

  • Deliza Zakir Perpustakaan Pusat Universitas Riau, Pekanbaru-Riau, Indonesia
  • Sumarni Perpustakaan Cabang Fakultas Kedokteran Universitas Riau, Pekanbaru-Riau, Indonesia
  • Nondot Perpustakaan Cabang Fakultas Teknik Universitas Riau, Pekanbaru-Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31258/jgp.11.1.37-46

Kata Kunci:

kemampuan, literasi informasi, seven pillar model

Abstrak

Tingkat literasi informasi merupakan faktor kritis dalam era digital yang semakin maju ini. Mahasiswa sebagai agen perubahan di masyarakat dituntut untuk memiliki kemampuan literasi informasi yang tinggi guna menghadapi tuntutan zaman yang serba cepat dan kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat literasi informasi mahasiswa Universitas Riau pada periode 2021-2022 dengan menggunakan Seven Pillar Model. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian 33.236 mahasiswa, dengan jumlah sampel 395 responden berdasarkan rumus Yamane. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, yang penyebarannya secara online dan offline. Pengolahan data dan teknik analisis data menggunakan analisis deskritif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) nilai rerata skor kemampuan memahami kebutuhan informasi 2.97. 2) nilai rerata skor kemampuan memahami jenis informasi yang dibutuhkan 2.68. 3) nilai rerata skor keterampilan mencari dan mengakses informasi 2.70. 4) nilai rerata skor kemampuan melakukan penelusuran informasi 2.79. 5) nilai rerata skor keterampilan membandingkan dan mengevaluasi informasi 3.04. 6) nilai rerata skor kemampuan mengelola informasi, mengutip, etika penulisan 2.50. dan 7) nilai rerata skor keterampilan menyusun produk informasi 1.94. Simpulan penelitian menunjukan bahwa kemampuan mahasiswa dalam literasi informasi termasuk kategori tinggi.

Referensi

Adisantoso, J. (2016). Pendekatan Kuantitatif untuk Penelusuran Informasi. Jurnal Forum Statistika Dan Komputansi, 5(2), 24–29.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chairani, S., Tuti, I., & Murtinugraha, R.E. (2021).Analisis Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa Menggunakan Model The Big 6 Skills Pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan I: Journal Unesa.Ac.Id. 3(2), 28-39.

Kusumanigtiyas, T. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa Ilmu Non Pendidikan Dan Ilmu Pendidikan Di Layanan Referensi Upt Perpustakaan Universitas Negeri Semarang Menurut Association Of College And Research Libraries. Jurnal Ilmu Pustaka UNDIP. 3(4), 91-103.

Nasution, S.H.S,. (2019). Analisis Keterampilan Literasi Informasi Mahasiswa Program Studi Magister Bahasa Inggris Universitas Sumatera Utara Berdasarkan Standar Kompetensi Literasi Informasi Association Of College & Research Libraries (ACRL)”, Repositori.usu.ac.id. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/23142

Perpusnas RI. (2015). Peraturan Kepala Perpusnas RI Nomor 11 Tahun 2015, Tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya. Jakarta: Perpusnas RI.

Sconul. (2007). Information skill higher education. http://www.sconul.ac.uk/groups/information-literacy/paper/

Septiyantono, T. (2016). Literasi Informasi. Jakarta: UT Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Jakarta: Alfabeta.

Sulistiyo Basuki. (2014). Teknik dan Jasa dokumentasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Universitas Riau. (2021). Statistik Universitas Riau Tahun 2020. Pekanbaru: Unri Press.

Syahrir. (2013). Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa Program Studi Akuntansi S1 (Semester VIII/Tahun Akademik 2012/2013) Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar. Repositori.alauddin.ac.id. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5823/

Purnomowati, S., dkk. (2016). Kebutuhan informasi dan perilaku pencarian informasi peneliti di Serpong. Buku Kasus Kepustakawanan Kita: beberapa hasil penelitian. PDII-LIPI.

Qomariyah, A.A., Mursidah, E., & Wahyuni, D. (2020). Analisis Keterampilan Literasi Informasi Pemustaka Di Perpustakaan ITS Menurut Model Seven Pillar. Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, Vol 12, No. 2.

Qurniati. (2015). Pemanfaatan Internet sebagai media penelusuran informasi di perpustakaan. Jurnal RBITH, Vol.4(No.3), 277–579.

Wahyudin. (2013). Strategi Jitu Penelusursan Informasi Ilmiah yang Cepat, tepat, dan akuran di Internet. Jurnal Pustakawan Indonesia, Vol.10(No.2), 47–48.

Diterbitkan

30-06-2023

Terbitan

Bagian

Articles