Tingkat Literasi Informasi Mahasiswa Universitas Riau Berdasarkan Seven Pillars Model
DOI:
https://doi.org/10.31258/jgp.11.1.37-46Kata Kunci:
kemampuan, literasi informasi, seven pillar modelAbstrak
Tingkat literasi informasi merupakan faktor kritis dalam era digital yang semakin maju ini. Mahasiswa sebagai agen perubahan di masyarakat dituntut untuk memiliki kemampuan literasi informasi yang tinggi guna menghadapi tuntutan zaman yang serba cepat dan kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat literasi informasi mahasiswa Universitas Riau pada periode 2021-2022 dengan menggunakan Seven Pillar Model. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian 33.236 mahasiswa, dengan jumlah sampel 395 responden berdasarkan rumus Yamane. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, yang penyebarannya secara online dan offline. Pengolahan data dan teknik analisis data menggunakan analisis deskritif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) nilai rerata skor kemampuan memahami kebutuhan informasi 2.97. 2) nilai rerata skor kemampuan memahami jenis informasi yang dibutuhkan 2.68. 3) nilai rerata skor keterampilan mencari dan mengakses informasi 2.70. 4) nilai rerata skor kemampuan melakukan penelusuran informasi 2.79. 5) nilai rerata skor keterampilan membandingkan dan mengevaluasi informasi 3.04. 6) nilai rerata skor kemampuan mengelola informasi, mengutip, etika penulisan 2.50. dan 7) nilai rerata skor keterampilan menyusun produk informasi 1.94. Simpulan penelitian menunjukan bahwa kemampuan mahasiswa dalam literasi informasi termasuk kategori tinggi.
Referensi
Adisantoso, J. (2016). Pendekatan Kuantitatif untuk Penelusuran Informasi. Jurnal Forum Statistika Dan Komputansi, 5(2), 24–29.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Chairani, S., Tuti, I., & Murtinugraha, R.E. (2021).Analisis Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa Menggunakan Model The Big 6 Skills Pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan I: Journal Unesa.Ac.Id. 3(2), 28-39.
Kusumanigtiyas, T. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa Ilmu Non Pendidikan Dan Ilmu Pendidikan Di Layanan Referensi Upt Perpustakaan Universitas Negeri Semarang Menurut Association Of College And Research Libraries. Jurnal Ilmu Pustaka UNDIP. 3(4), 91-103.
Nasution, S.H.S,. (2019). Analisis Keterampilan Literasi Informasi Mahasiswa Program Studi Magister Bahasa Inggris Universitas Sumatera Utara Berdasarkan Standar Kompetensi Literasi Informasi Association Of College & Research Libraries (ACRL)”, Repositori.usu.ac.id. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/23142
Perpusnas RI. (2015). Peraturan Kepala Perpusnas RI Nomor 11 Tahun 2015, Tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya. Jakarta: Perpusnas RI.
Sconul. (2007). Information skill higher education. http://www.sconul.ac.uk/groups/information-literacy/paper/
Septiyantono, T. (2016). Literasi Informasi. Jakarta: UT Press.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Jakarta: Alfabeta.
Sulistiyo Basuki. (2014). Teknik dan Jasa dokumentasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.
Universitas Riau. (2021). Statistik Universitas Riau Tahun 2020. Pekanbaru: Unri Press.
Syahrir. (2013). Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa Program Studi Akuntansi S1 (Semester VIII/Tahun Akademik 2012/2013) Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar. Repositori.alauddin.ac.id. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5823/
Purnomowati, S., dkk. (2016). Kebutuhan informasi dan perilaku pencarian informasi peneliti di Serpong. Buku Kasus Kepustakawanan Kita: beberapa hasil penelitian. PDII-LIPI.
Qomariyah, A.A., Mursidah, E., & Wahyuni, D. (2020). Analisis Keterampilan Literasi Informasi Pemustaka Di Perpustakaan ITS Menurut Model Seven Pillar. Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, Vol 12, No. 2.
Qurniati. (2015). Pemanfaatan Internet sebagai media penelusuran informasi di perpustakaan. Jurnal RBITH, Vol.4(No.3), 277–579.
Wahyudin. (2013). Strategi Jitu Penelusursan Informasi Ilmiah yang Cepat, tepat, dan akuran di Internet. Jurnal Pustakawan Indonesia, Vol.10(No.2), 47–48.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Deliza Zakir, Sumarni, Nondot

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Nurasmi, Deliza Zakir, Sumarni, Analisis Strategi Komunikasi Layanan Perpustakaan Universitas Riau Di Era Pandemi COVID-19 , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 10 No 1 (2022)
- Deliza Zakir, Efektivitas Penggunaan Jurnal Langganan Dengan Pendekatan Perceived Usefullness di Perpustakaan Universitas Riau , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 10 No 1 (2022)
- Diani Hartati, Bunyamin Ritonga, Deliza Zakir, Pengaruh Fasilitas Perpustakaan, Kualitas Layanan dan Kinerja Pustakawan Terhadap Minat berkunjung Mahasiswa Universitas Lancang Kuning , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 12 No 1 (2024)