Optimalisasi Penginputan Bahan Pustaka Berbasis Teknologi Informasi di Perpustakaan STMIK AMIK Riau

Penulis

  • Yasin Setiawan Perpustakaan Universitas Riau, Pekanbaru-Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31258/jgp.10.2.104-113

Kata Kunci:

optimalisasi, otomasi, penginputan koleksi, perpustakaan

Abstrak

Perpustakaan STMIK-AMIK Riau adalah perpustakaan yang hadir di lingkungan akademisi bidang teknologi informasi. Rasionalnya perguruan tinggi tersebut memiliki peluang besar untuk memaksimalkan teknologi informasi pada pengolahan bahan pustaka. Namun di lapangan terdapat kendala serius berupa tidak optimalnya proses pengolahan bahan pustaka akibat lambatnya komputer kerja yang digunakan. Penelitian bertujuan untuk mengoptimalkan proses penginputan bahan pustaka dengan perangkat yang ada. Metodologi yang digunakan adalah SDLC (System Development Life Cycle) meliputi analisis sistem, perancangan optimalisasi, implementasi dan evaluasi. Ada empat strategi optimalisasi yang diuji dalam penelitian ini, yang bertujuan meningkatkan kinerja komputer pengolahan bahan pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan optimalisasi berhasil meningkatkan efisiensi komputer kerja sebesar  57%. Hasil pengujian penginputan bahan pustaka memperlihatkan efisiensi sebesar 43%. Waktu tunggu  pengolahan lima sampel buku yang semula 1.098 detik (18,3 menit), menjadi 650 detik (10,4 menit). Simpulan penelitian menunjukkan bahwa pengimputan koleksi bahan pustaka mengalami percepatan proses dan lebih efektif setelah dilakukan strategi optimalisasi pada perangkat komputer. 

Referensi

Daniel, H. (2018). 7 Ways to Improve Your Computer Performance. HP TECH TAKES. https://www.hp.com/us-en/shop/tech-takes/7-ways-to-improve-computer-performance

Detlor, B. & Ball, K. (2015) ‘Getting More Value from the LibQUAL +® Survey : The Merits of Qualitative Analysis and Importance- Satisfaction Matrices in Assessing Library Patron Comments’, College And research Lybrary, 76(6), pp. 796–810. doi: 10.5860/crl.76.6.796.

Dila, B., & Nafisah, S. (2019). Penelusuran Informasi Standard Operating Procedure Untuk Preservasi Koleksi (Studi Kasus Di Perpustakaan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta). UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 10(2), 111–121. https://doi.org/10.20885/unilib.vol10. iss2.art8

Febri Ramadhan, R., & Tamaya, V. (2021). Standar Pelayanan Publik di Masa Pandemi Covid-19: Studi Pelayanan Perpustakaan ITERA. Jurnal Studi Ilmu Sosial Dan Politik, 1(1), 57–66. https://doi.org/10.35912/jasispol.v1i1.365

Hanafiah, H., & Junaedi, E. (2020). Perencanaan Strategis Sistem Infomasi Dan Teknologi Informasi (SI/TI) Perpustakaan Di SMA Negeri Satu Baleendah. Jurnal Sistem Informasi – J-SIKA, 2(1), 34–41.

Hanany, L. N. H., Robi’in, Sudirman, E., & Wardianah, Y. (2020). Pelayanan Perpustakaan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33687

Kurdi, M. (2020). Menggagas Pelayanan Prima di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 07(04), 4–9.

Kesuma, M. E. K., Yunita, I., & Meilani, F. (2021). Penerapan Aplikasi SLiMS Dalam Pengolahan Bahan Pustaka Di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Adabiya, 23(2), 248.

Kurniasih, N. (2018). Analisis Pengaruh Pelayanan Perpustakaan terhadap Kepuasan Pengguna Perpustakaan di Institut Agama Islam Imam Ghozali. Tawadhu, 2(1), 447–468.

Lasa, H. (2015). Standar Pelayanan Perpustakaan Perguruan Tinggi: Aspek Akreditasi BAN-PT dan Akreditasi PNRI. Standar Pelayanan Minimal (SPM) Perpustakaan UGM, 1(2), 1–8. http://lib.ugm.ac.id/download/materi kegiatan/2015/spm - standar pelayanan minimal/Makalah_Lasa HS.pdf

Melani, S. (2017). Pemanfaatan local content suatu perguruan tinggi: suatu analisis terhadap repository Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Jurnal Iqra, 11(2), 63–77.

Nugroho, A. A., & Isnainy, N. A. (2020). Penggunaan Aplikasi Opac Untuk Meningkatkan Kualitas Manajemen Pelayanan Perpustakaan. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 1(1), 33–53. https://doi.org/10.30762/joiem.v1i1.1994

Suharti AD. (2020). Layanan Perpustakaan Di Masa Pandemi Covid 19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 53–64.

Syamsir, A., Nur, M. I., Wahidah, I., & Alia, S. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembelajaran Berbasis Daring di Tengah Pandemi Coronavirus Disease 2019. Sosial Dan Budaya, 1(1), 1–12. http://digilib.uinsgd.ac.id /30678

Tjiptono, F dan Chandra. (2016). Service, Quality and Satisfaction. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tsania Nahdiatul, Sitoresmi, D., Azisi, F., & Kunci, K. (2018). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Layanan Perpustakaan Iain Tulungagung. http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika

UU No. 43/ 2007 Tentang Perpustakaan (2007). Jakarta: DPR RI.

Wahyudi, A. (2018). Perancangan Sistem Menggunakan Metode Sdlc. Jurnal Dinamika Informatika, 4(2), 1–11.

Widarsono, A., & Adhi Saputra, R. (2017). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas Ke Sekolah Dengan Menggunakan Metode System Development Life Cycle (Sdlc). Jurnal ASET (Akuntansi Riset), 4(2), 843. https://doi.org/10.17509/jaset.v4i2.8920

Zulfitri. (2018). Strategi Pengembangan Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi (Penerapan Bimbingan Pemustaka Dalam Bentuk Video Pada Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang). Jurnal Imam Bonjol : Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan 2, no. 2, 80–92.

Unduhan

Diterbitkan

29-12-2022

Terbitan

Bagian

Articles