Strategi Optimalisasi Pelayanan Sirkulasi Dengan Pendekatan Model Harapan Sosial: Studi Pada Perpustakaan UNRI Pascagangguan Alam
DOI:
https://doi.org/10.31258/jgp.10.2.130-141Kata Kunci:
strategi;, harapan sosial , optimalisasi, pelayanan sirkulasi, strategiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran optimalisasi perbaikan ruangan sirkulasi paska kerusakan infrastruktur akibat gangguan alam. Penelitian ini menggunakan metode Research And Development (R&D). Metode analisis ini banyak digunakan dalam riset pengembangan sebuah produk inovasi, termasuk di dalamnya dapat digunakan dalam optimalisasi pelayanan sirkulasi. Secara teknis, Konsep ini merupakan metodologi penelitian riset pengembangan yang dilakukan pada CRDS (Center for Research and Development Strategy) di negara Jepang. Gambaran ringkas dari konsep ini adalah tahapan penelitian yang digambarkan melalui diagram “Fase riset harapan sosial”. Berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan diperoleh gambaran bahwa gangguan alam berupa gangguan binatang telah menyebabkan kerusakan pada bagian atas perpustakaan terutama pada bagian ruang sirkulasi. Akibat kejadian tersebut terjadi kerusakan infrastruktur ruang sirkulasi yang harus segera dilakukan penanganan segera. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa pengguna merasa puas dengan pengembangan yang dilakukan, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelayanan sirkulasi paska kerusakan infrastruktur gangguan alam telah berjalan dengan optimal.
Referensi
Detlor, B. & Ball, K. (2015) ‘Getting More Value from the LibQUAL +® Survey : The Merits of Qualitative Analysis and Importance- Satisfaction Matrices in Assessing Library Patron Comments’, College And research Lybrary, 76(6), pp. 796–810. doi: 10.5860/crl.76.6.796.
Dila, B., & Nafisah, S. (2019). Penelusuran Informasi Standard Operating Procedure Untuk Preservasi Koleksi (Studi Kasus Di Perpustakaan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta). UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 10(2), 111–121. https://doi.org/10.20885/unilib.vol10. iss2.art8
Durin, Z. (2020). Wajah Baru Layanan Perpustakaan UIN Iman Bonjol Padang Sebagai Pusat Pembelajaran. Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia), 5(2), 249–257.
Febri Ramadhan, R., & Tamaya, V. (2021). Standar Pelayanan Publik di Masa Pandemi Covid-19: Studi Pelayanan Perpustakaan ITERA. Jurnal Studi Ilmu Sosial Dan Politik, 1(1), 57–66. https://doi.org/10.35912/jasispol.v1i1.365
Hanafiah, H., & Junaedi, E. (2020). Perencanaan Strategis Sistem Infomasi Dan Teknologi Informasi (SI/TI) Perpustakaan Di SMA Negeri Satu Baleendah. Jurnal Sistem Informasi – J-SIKA, 2(1), 34–41.
Hanany, L. N. H., Robi’in, Sudirman, E., & Wardianah, Y. (2020). Pelayanan Perpustakaan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33687
Hasan, T., & Rifai, A. (2021). Layanan Daring Perpustakaan Perguruan Tinggi Dan Sikap Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Provinsi Riau. Media Pustakawan, 28(2), 98-108.
Kurniasih, N. (2018). Analisis Pengaruh Pelayanan Perpustakaan terhadap Kepuasan Pengguna Perpustakaan di Institut Agama Islam Imam Ghozali. Tawadhu, 2(1), 447–468.
Kurniasih, N. (2018). Analisis Pengaruh Pelayanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Pengguna Perpustakaan Di Institut Agama Islam Imam Ghozali. Jurnal Tawadhu, 2(1), 447–468. http://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/viewFile/18/26
Lasa, H. (2015). Standar Pelayanan Perpustakaan Perguruan Tinggi: Aspek Akreditasi BAN-PT dan Akreditasi PNRI. Standar Pelayanan Minimal (SPM) Perpustakaan UGM, 1(2), 1–8. http://lib.ugm.ac.id/download/materi kegiatan/2015/spm - standar pelayanan minimal/Makalah_Lasa HS.pdf
Nugroho, A. A., & Isnainy, N. A. (2020). Penggunaan Aplikasi Opac Untuk Meningkatkan Kualitas Manajemen Pelayanan Perpustakaan. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 1(1), 33–53. https://doi.org/10.30762/joiem.v1i1.1994
Rodin, R., & Kurnia, K. (2021). Analisis pemeliharaan dan pelestarian bahan pustaka di Perpustakaan Sekolah Menengah Kejuruan Swakarya Palembang. Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi …, 43, 11–22. http://194.31.53.129/index.php/Kuttab/article/view/3630%0Ahttp:// 194.31.53.129/index.php/Kuttab/article/viewFile/3630/2931
Suharti. (2020). Layanan Perpustakaan Di Masa Pandemi. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 53–63. https://journal.uii.ac.id/Buletin- Perpustakaan/ article/view/17798
Syamsudin, M. R., Sukaesih, Rukmana, E. N., & Saepudin, E. (2021). Inovasi Pelayanan Perpustakaan Di Masa Pandemi Covid-. Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, 13(1), 85–100.
UU No. 43/ 2007 Tentang Perpustakaan (2007). Jakarta: DPR RI.
Yoshikawa, H. (2012). Design Methodology for Research and Development Strategy. Japan Science and Technology Agency.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ajir Ajir, Evi Susanti, Yasin Setiawan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Evi Susanti, Endang Murniati, Nurhayati, Rusmadi Awza, Manajemen Risiko Sistem Informasi Perpustakaan (Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Riau) , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 9 No 2 (2021)
- Evi Susanti, Anuar Rasyid, Nurjanah, Analisis Usability Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Website , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 9 No 1 (2021)
- Nurasmi, Evi Susanti, Nurhayati, Anton Yuliarto, Ketersediaan Koleksi Perpustakaan dalam Mendukung Kurikulum Merdeka Belajar Pada Bidang Penjaskesrek di Universitas Riau , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 11 No 2 (2023)
- Yasin Setiawan, Deliza Zakir, Sodirin, Strategi Menumbuhkan Minat Baca Pada Taman Bacaan Masyarakat Inara Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 11 No 2 (2023)
- Evi Susanti, Indriyeni, Yuli Astuti, Analisis Strategi Peningkatan Literasi Digital pada Pembelajaran Bahasa Indonesia , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 12 No 1 (2024)
- Ajir, Yasin Setiawan, Asmawati, Analisis Model Integrasi Kartu Keanggotaan Perpustakaan Universitas Riau dengan Kartu Sakti Perpustakaan Nasional Republik Indonesia , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 11 No 2 (2023)