Strategi Optimalisasi Pelayanan Sirkulasi Dengan Pendekatan Model Harapan Sosial: Studi Pada Perpustakaan UNRI Pascagangguan Alam

Penulis

  • Ajir Perpustakaan Universitas Riau, Pekanbaru-Riau, Indonesia
  • Evi Susanti Perpustakaan Universitas Riau, Pekanbaru-Riau, Indonesia
  • Yasin Setiawan Perpustakaan Universitas Riau, Pekanbaru-Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31258/jgp.10.2.130-141

Kata Kunci:

strategi;, harapan sosial , optimalisasi, pelayanan sirkulasi, strategi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran optimalisasi perbaikan ruangan sirkulasi paska kerusakan infrastruktur akibat gangguan alam. Penelitian ini menggunakan metode Research And Development (R&D). Metode analisis ini banyak digunakan dalam riset pengembangan sebuah produk inovasi, termasuk di dalamnya dapat digunakan dalam optimalisasi pelayanan sirkulasi.  Secara teknis, Konsep ini merupakan metodologi penelitian riset pengembangan yang dilakukan pada CRDS (Center for Research and Development Strategy) di negara Jepang. Gambaran ringkas dari konsep ini adalah tahapan penelitian yang digambarkan melalui diagram “Fase riset harapan sosial”. Berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan diperoleh gambaran bahwa gangguan alam berupa gangguan binatang telah menyebabkan kerusakan pada bagian atas perpustakaan terutama pada bagian ruang sirkulasi. Akibat kejadian tersebut terjadi kerusakan infrastruktur ruang sirkulasi yang harus segera dilakukan penanganan segera. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa pengguna merasa puas dengan pengembangan yang dilakukan, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelayanan sirkulasi paska kerusakan infrastruktur gangguan alam telah berjalan dengan optimal.

Referensi

Detlor, B. & Ball, K. (2015) ‘Getting More Value from the LibQUAL +® Survey : The Merits of Qualitative Analysis and Importance- Satisfaction Matrices in Assessing Library Patron Comments’, College And research Lybrary, 76(6), pp. 796–810. doi: 10.5860/crl.76.6.796.

Dila, B., & Nafisah, S. (2019). Penelusuran Informasi Standard Operating Procedure Untuk Preservasi Koleksi (Studi Kasus Di Perpustakaan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta). UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 10(2), 111–121. https://doi.org/10.20885/unilib.vol10. iss2.art8

Durin, Z. (2020). Wajah Baru Layanan Perpustakaan UIN Iman Bonjol Padang Sebagai Pusat Pembelajaran. Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia), 5(2), 249–257.

Febri Ramadhan, R., & Tamaya, V. (2021). Standar Pelayanan Publik di Masa Pandemi Covid-19: Studi Pelayanan Perpustakaan ITERA. Jurnal Studi Ilmu Sosial Dan Politik, 1(1), 57–66. https://doi.org/10.35912/jasispol.v1i1.365

Hanafiah, H., & Junaedi, E. (2020). Perencanaan Strategis Sistem Infomasi Dan Teknologi Informasi (SI/TI) Perpustakaan Di SMA Negeri Satu Baleendah. Jurnal Sistem Informasi – J-SIKA, 2(1), 34–41.

Hanany, L. N. H., Robi’in, Sudirman, E., & Wardianah, Y. (2020). Pelayanan Perpustakaan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33687

Hasan, T., & Rifai, A. (2021). Layanan Daring Perpustakaan Perguruan Tinggi Dan Sikap Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Provinsi Riau. Media Pustakawan, 28(2), 98-108.

Kurniasih, N. (2018). Analisis Pengaruh Pelayanan Perpustakaan terhadap Kepuasan Pengguna Perpustakaan di Institut Agama Islam Imam Ghozali. Tawadhu, 2(1), 447–468.

Kurniasih, N. (2018). Analisis Pengaruh Pelayanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Pengguna Perpustakaan Di Institut Agama Islam Imam Ghozali. Jurnal Tawadhu, 2(1), 447–468. http://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/viewFile/18/26

Lasa, H. (2015). Standar Pelayanan Perpustakaan Perguruan Tinggi: Aspek Akreditasi BAN-PT dan Akreditasi PNRI. Standar Pelayanan Minimal (SPM) Perpustakaan UGM, 1(2), 1–8. http://lib.ugm.ac.id/download/materi kegiatan/2015/spm - standar pelayanan minimal/Makalah_Lasa HS.pdf

Nugroho, A. A., & Isnainy, N. A. (2020). Penggunaan Aplikasi Opac Untuk Meningkatkan Kualitas Manajemen Pelayanan Perpustakaan. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 1(1), 33–53. https://doi.org/10.30762/joiem.v1i1.1994

Rodin, R., & Kurnia, K. (2021). Analisis pemeliharaan dan pelestarian bahan pustaka di Perpustakaan Sekolah Menengah Kejuruan Swakarya Palembang. Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi …, 43, 11–22. http://194.31.53.129/index.php/Kuttab/article/view/3630%0Ahttp:// 194.31.53.129/index.php/Kuttab/article/viewFile/3630/2931

Suharti. (2020). Layanan Perpustakaan Di Masa Pandemi. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 53–63. https://journal.uii.ac.id/Buletin- Perpustakaan/ article/view/17798

Syamsudin, M. R., Sukaesih, Rukmana, E. N., & Saepudin, E. (2021). Inovasi Pelayanan Perpustakaan Di Masa Pandemi Covid-. Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, 13(1), 85–100.

UU No. 43/ 2007 Tentang Perpustakaan (2007). Jakarta: DPR RI.

Yoshikawa, H. (2012). Design Methodology for Research and Development Strategy. Japan Science and Technology Agency.

Diterbitkan

29-12-2022

Terbitan

Bagian

Articles