Gambaran Fungsi Perpustakaan Sekolah Luar Biasa Al-Faqih Bagi Anak Disabilitas di Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru

Penulis

  • Hasnidar Perpustakaan Cabang Fakultas Teknik Universitas Riau
  • Yuli Astuti Perpustakaan Cabang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31258/jgp.11.2.27-36

Kata Kunci:

disabilitas, fungsi perpustakaan, sekolah luar biasa

Abstrak

Disabilitas mengacu pada keterbatasan yang dimiliki seseorang. Disabilitas dipengaruhi oleh lingkungan sekitar yang belum ramah disabilitas. Perpustakaan merupakan gudangnya ilmu pengetahuan. Perpustakaan menjadi taman bacaan dan memiliki fungsi bagi anak disabilitas. Akan tetapi, banyak anak yang kurang memanfaatkan fungsi perpustakaan sebagai tempat informasi. Anak-anak penyandang disabilitas lebih banyak beristirahat serta tidak fokus pada kegiatan pemanfaatan perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran fungsi perpustakaan bagi anak disabilitas di SLB Al-Faqih, Tuah Madani Pekanbaru. Desain penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa belum memanfaatkan perpustakaan sebagai pusat kegiatan belajar mengajar untuk pendidikan seperti yang tercantum dalam kurikulum sekolah, 2) siswa belum dapat mengembangkan kreativitas dan imajinasinya, serta 3) siswa belum dapat memposisikan perpustakaan sebagai tempat rekreatif mengisi waktu luang. Simpulan penelitian ini adalah fungsi perpustakaan sekolah rata-rata tidak dapat di terapkan oleh siswa disabilitas.

Referensi

Aziz. S. (2014). Perpustakaan Ramah Difabel. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Aziza, A. (2020). Peranan Perpustakaan dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Informasi bagi Ssiwa Berkebutuhan Khusus (Tunanetra) di SLB Neg 1 Makassar. Skripsi: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/20423/1/AINUN%20AZIZA_40400116010.pdf

Bafadal, I. (2015). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmono. (2014). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Cetakan ke-. 2. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Delphie, B. (2016). Pembelajaran Anak Tunagrahita. Bandung: Refika Aditama.

Draper, R., & Boudreau, K. (2018). Inclusive School Libraries for Children with Disabilities. Library Trends, 67(2), 208-231.

Hanakristina‟s, (2014). Kepustakaan. Jakarta: Sagung Seto

Lasa HS. (2013).Manajemen Perpustakaan Sekolah/Madrasah. Yogyakarta: Ombak

Latifah. I. (2020). Pendidikan Segregasi, Mainstreaming, Integrasi dan Inklusi, Apa Bedanya?. Jurnal Pendidikan. 29(1). http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp

Murtiningsih, S. (2016). Peran Perpustakaan Sekolah Luar Biasa dalam Meningkatkan Minat Baca dan Kemampuan Literasi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Khusus. 4(1), 18-31.

Oktarini. E. (2020). Implementasi Manajemen Perpustakaan di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Polat, S., & Karadeniz, A. (2019). The Role of the School Library in Inclusive Education for Students with Disabilities: A Case Study in Turkey. International Journal of Special Education, 34(2), 216-230.

Puspita. T. (2021). Pengelolaan Pelayanan Perpustakaan di SMPN 21 Bandar Lampung. Skripsi Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Ratna, N. K., & Prayitno, A. (2018). Pengembangan Fungsi Perpustakaan Sekolah Dasar Inklusif sebagai Sumber Belajar Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 6(2), 148-155.

Republik Indonesia. (2002). Undang-Undang Nomor: 23 Tahun 2002, Tentang Perlindungan Anak. Jakarta: Kemenkumham RI.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor: 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud RI.

Repblik Indonesia. (2007). Undang-Undang Nomor: 42 Tahun 2007, Tentang Perpustakaan. Jakarta: Perpusnas RI.

Republik Indonesia. (2009). Pedoman Standar Nasional Indonesia (SNI) 7329:2009, Tentang Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Perpusnas RI.

Riyanto. (2013). Manajemen Perpustakaan Sekolah Berbasis Komputer. Bandung: Fokusmedia.

Somantri, (2016). Psikologi Anak Luar Biasa.Bandung : Refika Aditama.

Stripling, B. K. (2014). School Libraries and Inclusive Education: Supporting Students with Disabilities. School Libraries Worldwide, 20(1), 59-74.

Uzel, D. (2017). The Role of the School Library in Inclusive Education: A Case Study in Turkey. Education and Information Technologies, 22(3), 1229-1245.

Wati. R. E. (2013). Pemanfaatan Perpustakaan dalam Pembelajaran di SDN Godean 1 dan SDN Semarang 2 Kecamatan Godean. Universitas Negeri Yogyakarta

Yusuf, P. M. (2013). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Diterbitkan

30-06-2023

Terbitan

Bagian

Articles