Gambaran Fungsi Perpustakaan Sekolah Luar Biasa Al-Faqih Bagi Anak Disabilitas di Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31258/jgp.11.2.27-36Kata Kunci:
disabilitas, fungsi perpustakaan, sekolah luar biasaAbstrak
Disabilitas mengacu pada keterbatasan yang dimiliki seseorang. Disabilitas dipengaruhi oleh lingkungan sekitar yang belum ramah disabilitas. Perpustakaan merupakan gudangnya ilmu pengetahuan. Perpustakaan menjadi taman bacaan dan memiliki fungsi bagi anak disabilitas. Akan tetapi, banyak anak yang kurang memanfaatkan fungsi perpustakaan sebagai tempat informasi. Anak-anak penyandang disabilitas lebih banyak beristirahat serta tidak fokus pada kegiatan pemanfaatan perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran fungsi perpustakaan bagi anak disabilitas di SLB Al-Faqih, Tuah Madani Pekanbaru. Desain penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa belum memanfaatkan perpustakaan sebagai pusat kegiatan belajar mengajar untuk pendidikan seperti yang tercantum dalam kurikulum sekolah, 2) siswa belum dapat mengembangkan kreativitas dan imajinasinya, serta 3) siswa belum dapat memposisikan perpustakaan sebagai tempat rekreatif mengisi waktu luang. Simpulan penelitian ini adalah fungsi perpustakaan sekolah rata-rata tidak dapat di terapkan oleh siswa disabilitas.
Referensi
Aziz. S. (2014). Perpustakaan Ramah Difabel. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Aziza, A. (2020). Peranan Perpustakaan dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Informasi bagi Ssiwa Berkebutuhan Khusus (Tunanetra) di SLB Neg 1 Makassar. Skripsi: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/20423/1/AINUN%20AZIZA_40400116010.pdf
Bafadal, I. (2015). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Darmono. (2014). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Cetakan ke-. 2. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
Delphie, B. (2016). Pembelajaran Anak Tunagrahita. Bandung: Refika Aditama.
Draper, R., & Boudreau, K. (2018). Inclusive School Libraries for Children with Disabilities. Library Trends, 67(2), 208-231.
Hanakristina‟s, (2014). Kepustakaan. Jakarta: Sagung Seto
Lasa HS. (2013).Manajemen Perpustakaan Sekolah/Madrasah. Yogyakarta: Ombak
Latifah. I. (2020). Pendidikan Segregasi, Mainstreaming, Integrasi dan Inklusi, Apa Bedanya?. Jurnal Pendidikan. 29(1). http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp
Murtiningsih, S. (2016). Peran Perpustakaan Sekolah Luar Biasa dalam Meningkatkan Minat Baca dan Kemampuan Literasi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Khusus. 4(1), 18-31.
Oktarini. E. (2020). Implementasi Manajemen Perpustakaan di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Polat, S., & Karadeniz, A. (2019). The Role of the School Library in Inclusive Education for Students with Disabilities: A Case Study in Turkey. International Journal of Special Education, 34(2), 216-230.
Puspita. T. (2021). Pengelolaan Pelayanan Perpustakaan di SMPN 21 Bandar Lampung. Skripsi Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Ratna, N. K., & Prayitno, A. (2018). Pengembangan Fungsi Perpustakaan Sekolah Dasar Inklusif sebagai Sumber Belajar Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 6(2), 148-155.
Republik Indonesia. (2002). Undang-Undang Nomor: 23 Tahun 2002, Tentang Perlindungan Anak. Jakarta: Kemenkumham RI.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor: 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud RI.
Repblik Indonesia. (2007). Undang-Undang Nomor: 42 Tahun 2007, Tentang Perpustakaan. Jakarta: Perpusnas RI.
Republik Indonesia. (2009). Pedoman Standar Nasional Indonesia (SNI) 7329:2009, Tentang Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Perpusnas RI.
Riyanto. (2013). Manajemen Perpustakaan Sekolah Berbasis Komputer. Bandung: Fokusmedia.
Somantri, (2016). Psikologi Anak Luar Biasa.Bandung : Refika Aditama.
Stripling, B. K. (2014). School Libraries and Inclusive Education: Supporting Students with Disabilities. School Libraries Worldwide, 20(1), 59-74.
Uzel, D. (2017). The Role of the School Library in Inclusive Education: A Case Study in Turkey. Education and Information Technologies, 22(3), 1229-1245.
Wati. R. E. (2013). Pemanfaatan Perpustakaan dalam Pembelajaran di SDN Godean 1 dan SDN Semarang 2 Kecamatan Godean. Universitas Negeri Yogyakarta
Yusuf, P. M. (2013). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Hasnidar, Yuli Astuti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Hasnidar, Thamrin Hasan, Hadriani, Analisis Bibliometrik Menggunakan VOSviewer Terhadap Publikasi Artikel Jurnal Gema Pustakawan di Google Scholar , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 11 No 2 (2023)
- Indriyeni, Nurasmi, Yuli Astuti, Analisis strategi perpustakaan Politeknik Caltex Riau (PCR) dalam mendukung Kegiatan literasi Informasi , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 11 No 1 (2023)
- Hasnidar, Faktor Penghambat Minat Pemustaka Dalam Pemanfaatan Pelayanan Referensi UPT Perpustakaan Universitas Riau , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 1 No 1 (2013)
- Evi Susanti, Indriyeni, Yuli Astuti, Analisis Strategi Peningkatan Literasi Digital pada Pembelajaran Bahasa Indonesia , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 12 No 1 (2024)
- Gusti Mayasari, Lili Handayani, Hasnidar, Fera Yulia, Gambaran Tata Ruang Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa di Perpustakaan Universitas Islam Riau , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 12 No 1 (2024)