Pengaruh Bimbingan Layanan Pendamping Terhadap Peningkatan Kemampuan Penulisan Artikel Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Riau

Penulis

  • Thamrin Hasan Perpustakaan Cabang Fakultas Keperawatan Universitas Riau, Pekanbaru-Riau, Indonesia
  • Nela Hariza Novriani Perpustakaan Cabang Fakultas Keperawatan Universitas Riau, Pekanbaru-Riau, Indonesia
  • Yurnalis Perpustakaan Cabang Fakultas Pertanian Universitas Riau, Pekanbaru-Riau, Indonesia
  • Asmawati Perpustakaan Pusat Universitas Riau, Pekanbaru-Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31258/jgp.11.2.13-26

Kata Kunci:

bimbingan, Jurnal Online, kemampuan, layanan pendamping, menulis

Abstrak

Menulis merupakan salah satu keterampilan dalam berbahasa. Aspek menulis harus dipahami selain keterampilan menyimak, berbicara, dan membaca. Menulis merupakan suatu proses, artinya keterampilan menulis akan diperoleh dengan baik melalui intensitas latihan yang dilakukan. Tanpa berlatih dan tidak memahami kaidah bahasa, maka kemampuan menulis tidak akan terwujud dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan layanan pendamping terhadap peningkatan kemampuan dalam penulisan jurnal online mahasiswa fakultas keperawatan Universitas Riau. Metode penelitian ini adalah metode quasi experimental design dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Responden penelitian mahasiswa berjumlah 50 orang. Instrumen penelitian menggunakan bahan uji dalam bentuk pre-test dan pos-test. Teknik analisis data digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif  dan analisis statistik  inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pelaksanaan bimbingan layanan pendamping terhadap peningkatan kemampuan penulisan artikel jurnal online mahasiswa, dengan koefisien korelasi r sebesar 0,632. Nilai koefisien korelasi ini menunjukan bahwa tingkat kekuatan  hubungannya kuat. Terdapat pengaruh pelaksanaan bimbingan pendamping terhadap peningkatan kemampuan penulisan artikel jurnal online mahasiswa (JOM). Bimbingan layanan pendamping secara nyata turut menentukan dan memberikan kontribusi sebesar 5,40% terhadap peningkatan kemampuan penulisan artikel jurnal online mahasiswa. Simpulan dapat disampaikan bahwa peningkatan kemampuan penulisan artikel jurnal online mahasiswa dapat ditingkatkan melalui pelaksanaan bimbingan layanan pendamping. Berdasarkan paparan tersebut dapat diketahui bahwa hipotesis penelitian yang diajukan dapat diterima.

Referensi

Arum. W.F., Prihandono, T., & Yushardi. (2021). Penerapan Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) Dengan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Fisi di Kelas VIII SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2), 138-144. https://doi.org/10.19184/jpf.v1i2.23150

Darmono, A. (2021). Pentingnya Peran Keluarga dalam Pendampingan Belajar pada Anak Usia SD di Masa Pandemi COVID-19. Investama: Jurnal Ekonomi & Bisnis. 5(2), 11-20. http://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/investama/article/view/558

Fikrati, A.N., Sartika, D., & Wardhani, I.W. (2022). Peran Pendampingan Belajar di Era New Normal Terhadap Kesehatan Mental Anak. Journal of Empowerment Community and Education. 2(2), 493-498. https://jurnalpengabdian.com

Hasan, T. (2021). Layanan Library E-Resources Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi Kota Pekanbaru Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021. Jurnal Gema Pustakawan. 9(2), 100-113. DOI: https://doi.org/10.31258/jgp.9.2.100-113

Kemendikbud Dikti. (2012). Wajib Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa Program Studi Sarjana (S-1) di Kalangan Perguruan Tinggi di Indonesia. Jakarta: Dirjendikti.

Menpan-RB. (2014). Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (PAN-RB) Nomor 9 Tahun 2014 Tentang Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya. Jakarta: Menpan-RB.

Nursyaidah, N. (2016). Efektivitas Metode Bercerita Dengan Buku Cerita Bergambar Berbasis Islam Dalam Membina Akhlak Siswa SDIT Bunayya Padangsidimpuan. Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman, 2(1), 111-126. https://doi.org/10.24952/tazkir.v2i1.405

Persadha, D. A. K. (2016). Studi Kompetensi Kemampuan Menulis di Kalangan Mahasiswa. Muaddib: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 6(1), 1-20. https://doi.org/10.24269/muaddib.v6n1.2016.1-20

Prihatin, Y. (2021). Efektivitas Pendekatan Proses Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2627-2632. http://eprints.unhasy.ac.id/226/13/Artikel%20Efektivitas%20Pendekatan%20Proses.pdf

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H.G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Universitas Riau. (2012). Pedoman Penerbitan Karya Ilmiah Sebagai Persyaratan Kelulusan Program Sarjana. Pekanbaru: Rektorat.

Diterbitkan

30-06-2023

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>