Pengaruh Fasilitas Perpustakaan, Kualitas Layanan dan Kinerja Pustakawan Terhadap Minat berkunjung Mahasiswa Universitas Lancang Kuning
DOI:
https://doi.org/10.31258/jgp.12.1.49-57Kata Kunci:
fasilitas, kualitas layanan, kinerja pustakawan, minat berkunjungAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas perpustakaan, kualitas pelayanan dan kinerja pustakawan terhadap minat berkunjung mahasiswa ke perpustakaan Universitas Lancang Kuning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian kausal untuk mengukur hubungan-hubungan antara variabel, atau untuk menganalisis bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lain (Umar, 2002:39). Dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala likert, observasi dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling terhadap 100 responden yang didapatkan melalui rumus Slovin. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis statistik, Uji Asumsi Klasik, Regresi linier berganda, Uji t parsial, Uji f Simultan dan pengujian koefisien determinasi. Secara simultan ketiga variabel diatas yaitu fasilitas perpustakaan, kualitas pelayanan dan kinerja pustakawan berpengaruh secara bersama-sama. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi yang menunjukkan bahwa dari tiga variabel fasilitas perpustakaan, kualitas pelayanan dan kinerja pustakawan dari hasil Uji Statistik F memperoleh nilai Sig. 0,000 (<5%) dalam artian kurang dari standarisasi α (0,005) yang artinya maka secara bersama-sama atau simultan variabel Fasilitas Perpustakaan (X1), Kualitas Pelayanan (X2) dan Kinerja Pustakawan (X3) berpengaruh signifikan terhadap variabel Minat Berkunjung Mahasiswa (Y). Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel fasilitas perpustakaan, kualitas pelayanan dan kinerja pustakawan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung mahasiswa Universitas Lancing Kuning Pekanbaru.
Kata Kunci : Fasilitas, Kualitas layanan, Kinerja Pustakawan, Minat berkunjung.
Referensi
Achmadi. A, & Narbuko. C. (2005). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ahmad, Siregar Ridwan. Peran Perpustakaan Umum Dalam Pemberdayaan Masyarakat, Medan: USU Press, 2004.
Arikunto, S. .(2002). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktek. Edisi revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dakir. (2014). Manajemen Layanan Pendidikan Siswa Berkebutuhan Khsusus Prespektif Religious, Filosofis, Yuridis dan Historis. Yogyakarta: K-Media.
Nafiah, I., & Husnah, J. (2015). Analisis Tunjangan Jabatan Fungsional Pustakawan Terhadap Kinerja Pustakawan di UPT Perpustakaan Daerah Provinsi Jambi. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(3) Alfabeta
Syahza, A (2021). Metodologi Penelitian, Edisi Revisi. UNRI Press, Pekanbaru.
Sari, Purnama., & Jamil Bahrum. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota perpustakaan kota medan. Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan area. Vol 4, Nomor 1,(http://ojs.uma.ac.id/index.php/publika uma/article/view/881.
Sedarmayanti. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: Rafika Aditama.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung.
Suryabrata, Sumadi. (2016). Perilaku Konsumen, Jakarta. PT Grafindo Perkasa.
Sulistyo, Basuki.(1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.
Sinambela , Lijan Poltak (2019). Manajemen Kinerja: Pengelolaan, pengukuran dan implikasi Kinerja. Depok. Rajawali Press.
Pamuntjak.Sjahrial & Rusina. (2000). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan. Jakarta: Djambatan.
Risparyanto, A. (2019). Pelayanan Bimbingan Literasi dan Sumber Informasi Perpustakaan bagi Mahasiswa yang Sedang Menyusun Tugas Akhir. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 15(1), 1. https://doi.org/10.22146/bip.36842
Rahayuningsih. (2015). Mengukur kepuasan pemustaka. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rismawati & Mattalata. (2018). Evaluasi kinerja, Penilaian Kinerja Atas Dasar Prestasi Kerja Berorienasi Ke Depan. Makassar. Celebes Media Perkasa.
Umar, Husein. (2002). Metodologi Penelitian, Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Diani Hartati, Bunyamin Ritonga, Deliza Zakir

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Deliza Zakir, Efektivitas Penggunaan Jurnal Langganan Dengan Pendekatan Perceived Usefullness di Perpustakaan Universitas Riau , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 10 No 1 (2022)
- Deliza Zakir, Sumarni, Nondot, Tingkat Literasi Informasi Mahasiswa Universitas Riau Berdasarkan Seven Pillars Model , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 11 No 1 (2023)