Strategi Menumbuhkan Minat Baca Pada Taman Bacaan Masyarakat Inara Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar

Strategi Menumbuhkan Minat Baca Pada Taman Bacaan Masyarakat Inara Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar

Penulis

  • Yasin Setiawan Perpustakaan Pusat Universitas Riau, Pekanbaru-Riau, Indonesia
  • Deliza Zakir Perpustakaan Pusat Universitas Riau, Pekanbaru-Riau, Indonesia
  • Sodirin Perpustakaan Pusat Universitas Riau, Pekanbaru-Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31258/jgp.11.2.69-80

Kata Kunci:

minat baca; , taman bacaan masyarakat; , perpustakaan; , bahan pustaka

Abstrak

Salah satu upaya yang dapat secara efektif menumbuhkan minat baca masyarakat adalah melalui kegiatan TBM (Taman Bacaan Masyarakat). Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi menumbuhkan minat baca melalui kegiatan khususnya di masyarakat Dusun IV, Desa Kubang Jaya, Kabupaten Kampar. Data pengkajian dalam riset ini meliputi data literatur, observasi lapangan dan keterangan narasumber yang terdiri dari pemuka masyarakat, pemuda, orangtua, anak usia dini (Paud dan TK),  siswa SD dan SMP sederajat, serta anak SMA sederajat. Data teoritis digali melalui berbagai penelitian terdahulu dan referensi pendukung, serta keterangan ahli (pustakawan dan pegiat TBM di Provinsi Riau). Melalui pendekatan kualitatif menggunakan analisis SWOT, ditemukan beberapa strategi yang dapat diimplementasikan, yakni: (1). Melakukan pendataan kondisi lingkungan masyarakat untuk pembangunan lingkungan membaca, (2). Menyelenggarakan kegiatan baca buku dan lomba cerita, (3). Mengadakan kegiatan lomba resensi buku bersama Forum TBM, dan (4). Menyelenggarakan kegiatan dongeng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan minat baca masyarakat di Dusun IV, Desa Kubang Jaya, Kabupaten Kampar, perlu dilakukan pelaksanaan keempat strategi tersebut dalam program yang terintegrasi dengan TBM Inara sebagai pusat kegiatan penumbuhan minat baca di area tersebut.

Referensi

Ayuningtyas, K., Deni S., Desya N.S., Randi D.C., Yobby K.F., (2021) Strategi Pemasaran Brand Nama Taman Baca Peka Pamulang Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Di Taman Baca Peka Pamulang (Studi Kasus: Taman Baca Peka. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi (JIMAWAbdi), 1(3), 170-175. http://dx.doi.org/10.32493/jmwab.v1i3.16770

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage Publications.

Falk-Ross, F. C. (2020). A comprehensive review of reading motivation research in early childhood. Early Childhood Education Journal, 48(5), 563-573.

Firman, Sukirman, Aswar, N., & Mirnawati, M. (2021). Pengaruh Beberapa Faktor Determinan terhadap Peningkatan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 7(1), 46–61. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.462

Gambrell, L. B., & Morrow, L. M. (2016). Best practices in literacy instruction (5th ed.). Guilford Press.

Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107562

Mehta, N. K., Gabbard, A., & Thangavelu, A. (2018). The Impact of Community Libraries on Early Childhood Literacy Development. Journal of Research in Childhood Education, 32(1), 127-142.

Merga, M. K. (2016). "Why children stop reading: Motivation and reader identity." Journal of Research in Childhood Education, 30(3), 257-269.

Mikkelsen, L. N., & Lund, H. H. (2018). Reading motivation in elementary school: A cross-cultural perspective. In E. B. Moen, Ø. Kløvstad, & A. Skaftun (Eds.), Nordic literacy pedagogy: Learning and teaching in a multilingual and multicultural context (pp. 57-71). Springer.

Mumpuni, A. (2019). Analisa Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa PGSD. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 123. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.35229

Nursalina, A.i.,&Budiningsih, T.E.(2014). Hubungan Notivasi berprestasi dengan minat Membaca pada Anak. Educational Psycology Journal, 3(1), 1-7

Ramandanu, F. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 10. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237. https://doi.org/ 10.26740/jrpd.v6n3.p230-237

Rokmana, Endah Noor Fitri, Dian Fixri Andini, Misnawati Misnawati, Alifiah Nurachmana, Ibnu Yustiya Ramadhan, & Syarah Veniaty. (2023). Peran budaya literasi dalam meningkatkan minat baca peserta didik di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 129–140. https://doi.org/ 10.55606/jsr.v1i1.960

Skaalvik (2018). Reading motivation and engagement among upper secondary school students: Are boys and girls different?. Scandinavian Journal of Educational Research, 62(3), 452-471

UU No. 43/ 2007 Tentang Perpustakaan (2007). Jakarta: DPR RI.

Yang, Y., & Wu, X. (2019). The influence of family reading environment on children's reading interest: The mediating role of reading self-efficacy. Frontiers in Psychology, 10, 1851.

Diterbitkan

31-12-2023

Terbitan

Bagian

Articles