Strategi Menumbuhkan Minat Baca Pada Taman Bacaan Masyarakat Inara Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar
Strategi Menumbuhkan Minat Baca Pada Taman Bacaan Masyarakat Inara Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar
DOI:
https://doi.org/10.31258/jgp.11.2.69-80Kata Kunci:
minat baca; , taman bacaan masyarakat; , perpustakaan; , bahan pustakaAbstrak
Salah satu upaya yang dapat secara efektif menumbuhkan minat baca masyarakat adalah melalui kegiatan TBM (Taman Bacaan Masyarakat). Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi menumbuhkan minat baca melalui kegiatan khususnya di masyarakat Dusun IV, Desa Kubang Jaya, Kabupaten Kampar. Data pengkajian dalam riset ini meliputi data literatur, observasi lapangan dan keterangan narasumber yang terdiri dari pemuka masyarakat, pemuda, orangtua, anak usia dini (Paud dan TK), siswa SD dan SMP sederajat, serta anak SMA sederajat. Data teoritis digali melalui berbagai penelitian terdahulu dan referensi pendukung, serta keterangan ahli (pustakawan dan pegiat TBM di Provinsi Riau). Melalui pendekatan kualitatif menggunakan analisis SWOT, ditemukan beberapa strategi yang dapat diimplementasikan, yakni: (1). Melakukan pendataan kondisi lingkungan masyarakat untuk pembangunan lingkungan membaca, (2). Menyelenggarakan kegiatan baca buku dan lomba cerita, (3). Mengadakan kegiatan lomba resensi buku bersama Forum TBM, dan (4). Menyelenggarakan kegiatan dongeng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan minat baca masyarakat di Dusun IV, Desa Kubang Jaya, Kabupaten Kampar, perlu dilakukan pelaksanaan keempat strategi tersebut dalam program yang terintegrasi dengan TBM Inara sebagai pusat kegiatan penumbuhan minat baca di area tersebut.
Referensi
Ayuningtyas, K., Deni S., Desya N.S., Randi D.C., Yobby K.F., (2021) Strategi Pemasaran Brand Nama Taman Baca Peka Pamulang Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Di Taman Baca Peka Pamulang (Studi Kasus: Taman Baca Peka. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi (JIMAWAbdi), 1(3), 170-175. http://dx.doi.org/10.32493/jmwab.v1i3.16770
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage Publications.
Falk-Ross, F. C. (2020). A comprehensive review of reading motivation research in early childhood. Early Childhood Education Journal, 48(5), 563-573.
Firman, Sukirman, Aswar, N., & Mirnawati, M. (2021). Pengaruh Beberapa Faktor Determinan terhadap Peningkatan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 7(1), 46–61. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.462
Gambrell, L. B., & Morrow, L. M. (2016). Best practices in literacy instruction (5th ed.). Guilford Press.
Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107562
Mehta, N. K., Gabbard, A., & Thangavelu, A. (2018). The Impact of Community Libraries on Early Childhood Literacy Development. Journal of Research in Childhood Education, 32(1), 127-142.
Merga, M. K. (2016). "Why children stop reading: Motivation and reader identity." Journal of Research in Childhood Education, 30(3), 257-269.
Mikkelsen, L. N., & Lund, H. H. (2018). Reading motivation in elementary school: A cross-cultural perspective. In E. B. Moen, Ø. Kløvstad, & A. Skaftun (Eds.), Nordic literacy pedagogy: Learning and teaching in a multilingual and multicultural context (pp. 57-71). Springer.
Mumpuni, A. (2019). Analisa Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa PGSD. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 123. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.35229
Nursalina, A.i.,&Budiningsih, T.E.(2014). Hubungan Notivasi berprestasi dengan minat Membaca pada Anak. Educational Psycology Journal, 3(1), 1-7
Ramandanu, F. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 10. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237. https://doi.org/ 10.26740/jrpd.v6n3.p230-237
Rokmana, Endah Noor Fitri, Dian Fixri Andini, Misnawati Misnawati, Alifiah Nurachmana, Ibnu Yustiya Ramadhan, & Syarah Veniaty. (2023). Peran budaya literasi dalam meningkatkan minat baca peserta didik di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 129–140. https://doi.org/ 10.55606/jsr.v1i1.960
Skaalvik (2018). Reading motivation and engagement among upper secondary school students: Are boys and girls different?. Scandinavian Journal of Educational Research, 62(3), 452-471
UU No. 43/ 2007 Tentang Perpustakaan (2007). Jakarta: DPR RI.
Yang, Y., & Wu, X. (2019). The influence of family reading environment on children's reading interest: The mediating role of reading self-efficacy. Frontiers in Psychology, 10, 1851.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Yasin Setiawan, Deliza Zakir, Sodirin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Nurasmi, Deliza Zakir, Sumarni, Analisis Strategi Komunikasi Layanan Perpustakaan Universitas Riau Di Era Pandemi COVID-19 , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 10 No 1 (2022)
- Ajir, Evi Susanti, Yasin Setiawan, Strategi Optimalisasi Pelayanan Sirkulasi Dengan Pendekatan Model Harapan Sosial: Studi Pada Perpustakaan UNRI Pascagangguan Alam , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 10 No 2 (2022)
- Ajir, Yasin Setiawan, Asmawati, Analisis Model Integrasi Kartu Keanggotaan Perpustakaan Universitas Riau dengan Kartu Sakti Perpustakaan Nasional Republik Indonesia , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 11 No 2 (2023)