Tingkat Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa Berdasarkan Standard Association of College and Research Libraries

Penulis

  • Mulida Djamarin Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat - Indonesia
  • Thamrin Hasan Universitas Riau, Pekanbaru-Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31258/jgp.11.2.47-58

Kata Kunci:

kemampuan; , literasi informasi; , pemustaka; , standar ACRL;, perpustakaan

Abstrak

Memilih informasi sesuai dengan kebutuhan secara selektif diperlukan kemampuan yang cukup. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi informasi mahasiswa berdasarkan Standar Association of College and Research Libraries (ACRL) di perpustakaan fakultas keperawatan Universitas Riau. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa fakultas keperawatan Universitas Riau, sejumlah 822 responden. Jumlah populasi tersebut diambil sampel sejumlah 270 orang responden berdasarkan formulasi Slovin. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kuesioner yang digunakan dalam kajian ini adalah kuesioner tertutup dengan skala empat katagori Likert, dibuat berdasarkan standar ACRL. Kemudian, Teknik pengolahan data adalah dengan cara pemeriksaan data, coding, dan tabulasi. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil kajian menunjukan bahwa kemampuan literasi informasi mahasiswa FKp Universitas Riau sangat baik. Mahasiswa mampu melakukan 22 indikator kegiatan yang terdapat dalam 5 komponen standar kompetensi literasi informasi Association of College and Research Libraries (ACRL). 91,63% responden menjawab selalu dan sering pada komponen standard pertama, 88,76% pada komponen standar kedua, 92,80% pada komponen standar ketiga, 93,45% pada komponen standard keempat, dan 91,73% pada komponen standard kelima. Hasil kajian ini, dapat disimpulkan bahwa tingkat literasi informasi mahasiswa telah menunjukkan tingkat kemampuan literasi informasi yang sangat baik.

Referensi

ACRL. (2011). Guidelines for Instruction Program in Academic Libraries. [Dipetik, 15 Januari 2023] http://www.ala.org/acrl/standards/guidelinesinstruction

ALA. (1989). Presidential Committee on Information Literacy. Chicago: American Library Association

Bahren, S. (1994). A Conceptual analysis and historical review of information literacy. College and Research Libraries. 55(2), 121-132

Fauziah, G., & Lestari, A.W. (2018). Pembudayaan gerakan literasi informasi siswa tingkat sekolah dasar di Tanggerang Selatan. Edulib. 8(2), 167-179. https://doi.org/10.17509/edulib.v812.13490

Guenia, J. (2003). Building Bridges: The Role of the Systems Librarian in a University Library. [Dipetik, 21 Januari 2023] https://www.researchgate.net/publication/237962698.

Hao, C. S. (2003). Role Changing for Librarians in the new Information Technology. [Dipetik, 21 Januari 2023] https://www.emeraldinsight.com/doi/abs/10.1108/03074801111150459

Hidayanti, N. (2017). Tingkat Kemampuan Literasi Penggunaan Media Internet di Kalangan Guru SMA (Sekolah Menengah Atas) Kota Mojokerto. Disertasi. Universitas Airlangga. https://repository.unair.ac.id/70738/

Lasa, HS. (2009). Kamus kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Neely, T.Y. (2006). Information Literacy Assesment : Standards Based-Tools and Assiggnments. Chicago : American Library Association.

Pattah, S.H. (2014). Literasi Informasi : Peningkatan Kompetensi Informasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Perpustakaan & Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, 2(2), 1-12.

Proboyekti, U. (2015). Program Literasi Informasi Perguruan Tinggi. Artikel Workshop, Pengembangan Program Literasi Informasi bagi Mahasiswa. Yogyakarta, Perpus UGM.

Priyanto, Ida Fajar. (2007). Perpustakaan untuk Pengembangan Masyarakat : Informasi Bukan Hanya Komoditi Ekonomi. http://lib.ugm.ac.id/exec.php?app=berita&act=detail&id.

Rahmala, I.D., Suwignyo, H. & Kurniawan, T. (2018). Kemampuan Literasi Informasi Pemustaka Berdasarkan Information Literacy Standars for Student Learning. Bibliotika : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi. 2(1), 1-7. file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/4163-10616-1-SM.pdf

Rodin, R. (2016). Evaluasi Kemampuan Literasi Informasi Pemustaka Perpustakaan STAIN Curup Menggunakan Standar yang Dikembangkan ACRL. Jurnal Komunikasi dan Informasi Perpustakaan, Ai-Maktabah, 15(2), 81-93. C:/Users/Lenovo/Downloads/4716-11326-1-SM%20(1).pdf

Wijoyo, W. H. (2011). Peran dan Karakteristik Pustakawan di Era Digital Library. [Dipetik, 15 Maret 2023 http://widodo.staff.uns.ac.id

Wiratningsih, R. (2015). Literasi informasi di perguruan tinggi (Akses E-Journal UPT Perpustakaan UNS). [Dipetik: 15 Januari 2023], From: https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/43231

Diterbitkan

30-12-2023

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama