Gambaran Tata Ruang Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa di Perpustakaan Universitas Islam Riau

Penulis

  • Gusti Mayasari Universitas Riau
  • Lili Handayani Perpustakaan Cabang Fakultas Hukum Universitas Riau, Pekanbaru-Riau, Indonesia
  • Hasnidar Perpustakaan Cabang Fakultas Teknik Universitas Riau, Pekanbaru-Riau, Indoensia
  • Fera Yulia Perpustakaan Pusat Universitas Riau, Pekanbaru-Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31258/jgp.12.1.1-14

Kata Kunci:

tata ruang, minat baca, perpustakaan UIR

Abstrak

Penataan suatu ruangan perpustakaan perlu dilakukan dengan hati-hati dan mempertimbangkan dengan  berbagai aspek. Ruangan perpustakaan yang tertata rapi akan memberikan suasana yang nyaman kepada pengunjung perpustakaan sehingga pemustaka tertarik untuk membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran tata ruang yang ada di perpustakaan UIR sehingga dapat meningkatkan  minat baca di perpustakaan UIR. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Jumlah informan sebanyak 2  orang. Indikator penelitian ini tata ruang (Tata Ruangan,Perabotan, penerangan, pewarnaan dan sirkulasi udara) dan minat baca (fasilitas, lingkungan dan motivasi). Dari hasil penelitian yang didapatkan bahwa pengelolaan tata ruang perpustakaan diperpustakaan UIR sudah berjalan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari segi penataan Ruangan menggunakan penyusunan tata ruang secara terperinci, pengaturan dan penataan yang seefektif dan seefisien dengan penyusunan meja dan kursi sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Untuk pengaturan perabotan yang ada di perpustakaan UIR dengan menggunakan rak buku diberi pelabelan dan petunjuk penomoran di setiap rak buku dan disusun dengan rapi, Selanjutnya bagian Pencahyaan  di perpustakaan UIR memanfaatkan cahaya lampu LED dan cahaya matahari yang masuk ke ruangan perpustakaan  sedangkan untuk pewarnaan dinding di perpustakaan UIR menggunakan warna Cream dan yang terakhir adalah sirkulasi udara di perpustakaan UIR menggunakan pendingin udara (AC) dan system ventilasi jendela. Dengan penataan  ruangan yang baik dan memberikan rasa nyaman memiliki potensi besar untuk meningkatkan minat baca pengunjung perpustakaan UIR.

Referensi

Anjani, S. N., Dantes, G. Artawan. (2019) PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Utara. 3(2),

Anugrah, Dexa & Ardoniz. (2013). Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan,:Penataan Ruangan di Perpustakaan Umum Kota Solok.1(2), 1-8.

Awar,M., Rusli A.N. ( 2016). Jurnal Al-Maktabah Manajemen tata ruang perpustakaan pesantren madani Alauddin Pao-pao Makasar.

Dian Sinaga. (2011). Mengelola Perpustakaan Sekolah ,Bandung: Bejana

Hurlock, E.B. (2014). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih bahasa: Istiwidayati & Soedjarwo. Edisi Kelima.Jakarta: Erlangga.

Jaya, W. D., & Suhartika, I. P. (2015) Kajian Tata Ruang Perpustakaan Institut Seni Indonesia. Jurnal Ilmiah D3 Perpustakaan,1(1).

Mansyur. U. (2019). Gempusta: Upaya Meningkatkan Minat Baca. Makassar

Rustiana, A., & Rosmawati, N. H. (2010). Pengaruh Tata Ruang dan Komunikasi Intern Terhadap Efektivitas Kerja Guru Di SMK Negeri 9 Semarang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, V(1),

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sulistyo B. (2019). Pengantar Ilmu Perpustakaan,Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sutarno NS. (2006). Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktis,Jakarta:Sagung Seto

Pawit M.Y & Suhendar. (2016). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta:

Kencana.

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2024

Terbitan

Bagian

Articles