Ketersediaan Koleksi Perpustakaan dalam Mendukung Kurikulum Merdeka Belajar Pada Bidang Penjaskesrek di Universitas Riau
DOI:
https://doi.org/10.31258/jgp.11.2.81-96Kata Kunci:
ketersediaan koleksi, perpustakaan, RPS, kurikulum, penjaskesrekAbstrak
.
Perpustakaan perguruan tinggi memiliki peran krusial dalam mendukung proses pembelajaran mahasiswa melalui penyediaan bahan bacaan berkualitas tinggi yang sesuai dengan kurikulum. Intinya, tugas utama perpustakaan adalah mengembangkan koleksi yang kuat demi kepentingan para pemustaka. Evaluasi merupakan salah satu cara untuk mengetahui kesesuaian koleksi dengan kurikulum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi ketersediaan koleksi dalam memenuhi kebutuhan bahan rujukan yang sesuai dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) matakuliah utama di Prodi Penjaskesrek FKIP Universitas Riau, semester 1 hingga semester 6. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menghitung persentase ketersediaan koleksi yang sesuai dengan metode cheklist untuk mengukur dan menganalisis ketersediaan koleksi bahan ajar, dengan melakukan pengecekan dan pencocokan pada database koleksi perpustakaan serta bahan ajar utama yang terdapat didalam RPS mata kuliah Prodi Penjaskesrek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 25 matakuliah terdapat 121 judul koleksi yang tercantum di dalam RPS, dan hasil checklist yang dilakukan pada database Perpustakaan Universitas Riau hanya tersedia 15 judul buku atau sebesar 12%. Simpulan penelitian ini dapat dinyatakan, ketersediaan koleksi perpustakaan Prodi Penjaskesrek FKIP Universitas Riau belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan bahan rujukan sesuai dengan RPS, dengan hanya 12% judul buku yang sesuai dari total 121 judul yang tercantum. Perlu perhatian lebih lanjut dan peningkatan koleksi untuk mendukung keberhasilan pembelajaran mahasiswa dalam mencapai tujuan kurikulum.
Referensi
Creswell, J. W. (2009). Research Design Pendekatan Kualitatif Kuantitatif, Dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Deepublish, P. (2022). Rencana Pembelajaran Semester. Deepublish. Deepublish.com.
Dirjen Dikti. (2004). Perpustakaan Perguruan Tinggi: Buku Pedoman.
Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2016). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi.
Djunaidi, M. G., & Almanshur, F. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Arruzi Media.
Fitriana, R. (2016). Ketersediaan Koleksi Buku Dan Kesesuaiannya Dengan Kurikulum Prodi PGMI Di Ruang Baca Prodi PGMI [UIN Ar-Raniry]. https://scholar.google.co.id/
Hasan, T. (2021). Layanan Library E-Resources Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi Kota Pekanbaru Semester Genap Tahun Akademis 2020/2021. 9(2), 100-113. https://doi.org/10.31258/jgp.9.2.100-113
Hasrun. (2019). Evaluasi Keterpakaian Koleksi Perpustakaan Oleh Mahasiswa Tingkat Akhir di Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Panakkukang Makassar. https://repositori.uin-alauddin.ac.id/17591/
Lasa Hs. (2017). Makalah Workshop Standardisasi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Repository.Umy.Ac.Id
Maryam, S. (2015). Evaluasi Koleksi Perpustakaan UIN Syarif Hidayayullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/29673
Perpustakaan Nasional. (2015). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Perguruan Tinggi.
Purnomo, P, Farida, I. (2010). Manajemen Pengembangan Koleksi Dan Perpustakaan. Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Standar Pelayanan Minimum (SPM). (2022). ://pusatinformasi.raporpendidikan.kemdikbud.go.id/
Sutarno NS. (2006). Manajemen Perpustakaan Suatu Pendekatan Praktik. Sagung Seto.
Ulyah, N. (2017). Analisis Kebutuhan dan Ketersediaan Koleksi Jurusan Ilmu Perpustakaan di Perpustakaan Fakultas Adab dan Hmaniora. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/ 123456789/36570/3/
Universitas Riau. (2022). Standar Minimum Pelayanan (SPM) Bidang Pengembangan Koleksi.
Wahyuni, S., & Rahmah, E. (2012). Pengembangan Koleksi Perpustakaan Di Perpustakaan Kopertis Wilayah X. Universitas Negeri Padang FEB. ejournal.unp.ac.id/index.php
Wasito, H. (1992). Pengantar Statistik Pendidikan. Gramedia Pustaka Utama.
Yusuf, M. R. (2021). Analisis metode evaluasi koleksi sebagai acuan kegiatan pengembangan koleksi. Pustaka Karya, Vol. 9 No. https://dx.doi.org/10.18592/pk.v9i2.3398
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nurasmi, Evi Susanti, Nurhayati, Anton Yuliarto

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Yuli Astuti, Nurasmi, Pengembangan Perpustakaan Digital Universitas Riau Dengan Program Library Management System (Slims) , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 1 No 1 (2013)
- Evi Susanti, Endang Murniati, Nurhayati, Rusmadi Awza, Manajemen Risiko Sistem Informasi Perpustakaan (Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Riau) , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 9 No 2 (2021)
- Evi Susanti, Anuar Rasyid, Nurjanah, Analisis Usability Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Website , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 9 No 1 (2021)
- Nurasmi, Deliza Zakir, Sumarni, Analisis Strategi Komunikasi Layanan Perpustakaan Universitas Riau Di Era Pandemi COVID-19 , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 10 No 1 (2022)
- Nurasmi, Nurjanah, Zurkarnain, Kredibilitas dan Daya Tarik Pustakawan Sebagai Komunikator Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pemustaka , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 9 No 1 (2021)
- Endang Murniati, Nurasmi, Nurhayati, Rusmadi Awza, Studi Enterprise Risk Management (ERM) Ditinjau dari Kekuatan dan Kelemahannya di Perpustaskaan Universitas Riau , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 10 No 2 (2022)
- Ajir, Evi Susanti, Yasin Setiawan, Strategi Optimalisasi Pelayanan Sirkulasi Dengan Pendekatan Model Harapan Sosial: Studi Pada Perpustakaan UNRI Pascagangguan Alam , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 10 No 2 (2022)
- Indriyeni, Nurasmi, Yuli Astuti, Analisis strategi perpustakaan Politeknik Caltex Riau (PCR) dalam mendukung Kegiatan literasi Informasi , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 11 No 1 (2023)
- Evi Susanti, Indriyeni, Yuli Astuti, Analisis Strategi Peningkatan Literasi Digital pada Pembelajaran Bahasa Indonesia , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 12 No 1 (2024)