Analisis Strategi Peningkatan Literasi Digital pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Penulis

  • Evi Susanti Perpustakaan Pusat Universitas Riau, Pekanbaru-Riau, Indonesia
  • Indriyeni Perpustakaan Cabang FMIPA Universitas Riau, Pekanbaru-Riau, Indonesia
  • Yuli Astuti Perpustakaan Cabang FEB Universitas Riau, Pekanbaru-Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31258/jgp.12.1.15-25

Kata Kunci:

analisis, strategi, literasi digital, pembelajaran, Bahasa Indonesia

Abstrak

Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama, yaitu (1) untuk mengevaluasi peran literasi digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 15 Pekanbaru, (2) untuk mengidentifikasi strategi peningkatan literasi digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 15 Pekanbaru, dan (3) untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat implementasi strategi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan karakteristik deskriptif, menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa (1) peran literasi digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melibatkan peningkatan keterampilan memanfaatkan media digital untuk pembelajaran yang mendalam, akses informasi dari internet, dan penggunaan media digital sebagai alat komunikasi dalam memberikan materi pendidikan. Guru juga menerapkan metode gerakan budaya rajin membaca dengan program LIBERASI untuk membaca buku, menuliskan ulasan, dan membagikan kegiatan tersebut melalui media sosial. (2) Strategi peningkatan literasi digital melibatkan penguatan karakter melalui penggunaan media digital, pembiasaan membaca buku atau media elektronik, penyediaan link-link pembelajaran, dan penggunaan aplikasi kreatif untuk meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar Bahasa Indonesia. (3) Faktor pendukung melibatkan dukungan komprehensif dari sekolah dengan menyediakan fasilitas dan infrastruktur digital, sementara faktor penghambat mencakup keterbatasan kuota data dan ketidakandalan jaringan internet selama pembelajaran

Referensi

Ahmad Yazid. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis Karakter Literasi Digital Menghadapi Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.

Andi Asari, Taufiq Kurniawan, Sokhibul Ansor, & Andika Bagus Nur Rahma Putra. (2019). Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 3(Nomor 2), 98–104.

Bella Elpira. (2018). Pengaruh Penerapan Literasi Digital Terhadap Peningkatan Pembelajaran Siswa Di Smp Negeri 6 Banda Aceh. SKRIPSI FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY DARUSSALAM - BANDA ACEH.

Erna Labudasari & Eliya Rochmah. (2019). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Mandiri Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019, 19–27.

KOMINFO. (2022). Status Literasi Digital Di Indonesia 2022.

Lisnawati Ruhaena. (2013). Proses Pencapaian Kemampuan Literasi Dasar Anak Prasekolah dan Dukungan Faktor-Faktor dalam Keluarga. FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/5559

Mas’ud Muhammadiah, Novelti, Jasiah, Muh. Safar, & Nuramila. (2023). Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Literasi Digital Untuk Mewujudkan Pendidikan Karakter di Era Disrupsi 4.0. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(Nomor 2), 2276–2288.

Miliantoro Argo Pambudi, & Windasari. (2022). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(Nomor 03), 636–646.

Nurhabibah. (2019). Literasi Digital Guru Produktif di Sekolah Menengah Kejuruan dalam Mengembangkan Kinerja Profesional Era Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Universitas Negeri Yogyakarta.

Sri Astuti. (2021). Strategi Peningkatan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smkn 3 Metro. PROGRAM PASCASARJANA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) METRO.

Suwandi S. (2020). Implementasi Pembelajaran Abad Ke-21 dan Tantangannya untuk Berperan dalam Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Yulisnawati Tuna. (2021). Literasi Digital Dalam Pembelajaran Di SD Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidik. PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR, 388–397.

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2024

Terbitan

Bagian

Articles