Analisis Strategi Peningkatan Literasi Digital pada Pembelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31258/jgp.12.1.15-25Kata Kunci:
analisis, strategi, literasi digital, pembelajaran, Bahasa IndonesiaAbstrak
Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama, yaitu (1) untuk mengevaluasi peran literasi digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 15 Pekanbaru, (2) untuk mengidentifikasi strategi peningkatan literasi digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 15 Pekanbaru, dan (3) untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat implementasi strategi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan karakteristik deskriptif, menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa (1) peran literasi digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melibatkan peningkatan keterampilan memanfaatkan media digital untuk pembelajaran yang mendalam, akses informasi dari internet, dan penggunaan media digital sebagai alat komunikasi dalam memberikan materi pendidikan. Guru juga menerapkan metode gerakan budaya rajin membaca dengan program LIBERASI untuk membaca buku, menuliskan ulasan, dan membagikan kegiatan tersebut melalui media sosial. (2) Strategi peningkatan literasi digital melibatkan penguatan karakter melalui penggunaan media digital, pembiasaan membaca buku atau media elektronik, penyediaan link-link pembelajaran, dan penggunaan aplikasi kreatif untuk meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar Bahasa Indonesia. (3) Faktor pendukung melibatkan dukungan komprehensif dari sekolah dengan menyediakan fasilitas dan infrastruktur digital, sementara faktor penghambat mencakup keterbatasan kuota data dan ketidakandalan jaringan internet selama pembelajaran
Referensi
Ahmad Yazid. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis Karakter Literasi Digital Menghadapi Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.
Andi Asari, Taufiq Kurniawan, Sokhibul Ansor, & Andika Bagus Nur Rahma Putra. (2019). Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 3(Nomor 2), 98–104.
Bella Elpira. (2018). Pengaruh Penerapan Literasi Digital Terhadap Peningkatan Pembelajaran Siswa Di Smp Negeri 6 Banda Aceh. SKRIPSI FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY DARUSSALAM - BANDA ACEH.
Erna Labudasari & Eliya Rochmah. (2019). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Mandiri Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019, 19–27.
KOMINFO. (2022). Status Literasi Digital Di Indonesia 2022.
Lisnawati Ruhaena. (2013). Proses Pencapaian Kemampuan Literasi Dasar Anak Prasekolah dan Dukungan Faktor-Faktor dalam Keluarga. FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/5559
Mas’ud Muhammadiah, Novelti, Jasiah, Muh. Safar, & Nuramila. (2023). Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Literasi Digital Untuk Mewujudkan Pendidikan Karakter di Era Disrupsi 4.0. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(Nomor 2), 2276–2288.
Miliantoro Argo Pambudi, & Windasari. (2022). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(Nomor 03), 636–646.
Nurhabibah. (2019). Literasi Digital Guru Produktif di Sekolah Menengah Kejuruan dalam Mengembangkan Kinerja Profesional Era Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Universitas Negeri Yogyakarta.
Sri Astuti. (2021). Strategi Peningkatan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smkn 3 Metro. PROGRAM PASCASARJANA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) METRO.
Suwandi S. (2020). Implementasi Pembelajaran Abad Ke-21 dan Tantangannya untuk Berperan dalam Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Yulisnawati Tuna. (2021). Literasi Digital Dalam Pembelajaran Di SD Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidik. PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR, 388–397.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Evi Susanti, Indriyeni, Yuli Astuti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Evi Susanti, Endang Murniati, Nurhayati, Rusmadi Awza, Manajemen Risiko Sistem Informasi Perpustakaan (Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Riau) , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 9 No 2 (2021)
- Evi Susanti, Anuar Rasyid, Nurjanah, Analisis Usability Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Website , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 9 No 1 (2021)
- Ajir, Evi Susanti, Yasin Setiawan, Strategi Optimalisasi Pelayanan Sirkulasi Dengan Pendekatan Model Harapan Sosial: Studi Pada Perpustakaan UNRI Pascagangguan Alam , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 10 No 2 (2022)
- Hasnidar, Yuli Astuti, Gambaran Fungsi Perpustakaan Sekolah Luar Biasa Al-Faqih Bagi Anak Disabilitas di Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 11 No 1 (2023)
- Indriyeni, Nurasmi, Yuli Astuti, Analisis strategi perpustakaan Politeknik Caltex Riau (PCR) dalam mendukung Kegiatan literasi Informasi , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 11 No 1 (2023)
- Nurasmi, Evi Susanti, Nurhayati, Anton Yuliarto, Ketersediaan Koleksi Perpustakaan dalam Mendukung Kurikulum Merdeka Belajar Pada Bidang Penjaskesrek di Universitas Riau , Jurnal Gema Pustakawan: Vol 11 No 2 (2023)