Penerapan Senayan Library Managements System (SLiMS) dalam Manajemen Layanan Perpustakaan Ngudi Ilmu Desa Ngemplak
Kata Kunci:
sistem otomasi, perpustakaan, layananAbstrak
Perpustakaan sebagai salah satu lembaga informasi dituntut untuk terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi terkini. Salah satu upaya yang dilakukan perpustakaan adalah dengan mengimplementasikan sistem otomasi untuk mengelola layanan perpustakaan secara efektif. Dengan adanya sistem otomasi, berbagai layanan perpustakaan dapat diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat bahkan dalam hitungan menit atau detik. Sistem otomasi yang populer digunakan oleh perpustakaan adalah Senayan Library Managements System (SLiMS). Perpustakaan Ngudi Ilmu telah mengadopsi SLiMS untuk mengelola layanan perpustakaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penerapa sistem otomasi perpustakaan dalam manajemen layanan perpustakaan di Perpustakaan Ngudi Ilmu Ngemplak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan analisis data wawancara dengan pustakawan dari Perpustakaan Ngudi Ilmu Ngemplak sebagai narasumber. Hasil penelitiannya adalah penerapan SLiMS di perpustakaaan Ngudi Ilmu memberikan dampak yang signifikan. Penerapan SLiMS sangat membantu pustakawan dalam mengelola berbagai layanan yang ada diperpustakaan terutama layanan sirkulasi. Dengan adanya sistem otomasi proses sirkulasi dapat dilakukan dengan cepat dan efisien.
Kata Kunci: sistem otomasi, layanan, perpustakaan
Referensi
Ganda, Y. O. et all. (2018). Penerapan Aplikasi Senayan Library Management System (Slims) Dalam Meningkatkan Layanan Pengguna Di Perpustakaan Unika De La Salle Manado. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/19689 diakses pada 8 Desember 2024 dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/19689
Hartono. (2016). Manajemen Perpustakaan Profesional. Sagung Seto.
Haryati, E. (2018). UNIVERSITAS CENDERAWASIH BERBASIS SLIMS-7 CENDANA. 2(3), 111–116. diakses pada 9 Desember 2024 dari https://jom.unsurya.ac.id/index.php/jurmasin/article/view/7
Kesuma, M. E.-K., Yunita, I., Fitra, J., Sholiha, N. A., & Oktaria, H. (2021). PENERAPAN SLiMS PADA LAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI. AL Maktabah, 6(2), 103. https://doi.org/10.29300/mkt.v6i2.5148 diakses pada 9 Desember 2024 dari https://ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/almaktabah/article/view/2897/2446
Rahayu, M. S., & Asmendri, A. (2023). INLISLite dalam Manajemen Layanan Perpustakaan Sekolah. Journal on Education, 5(2), 3193–3203. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.985diakses pada 8 Desember 2024 dari https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/985
Triyani. (2021). Manajemen Perpustakaan Sekolah (Ismail HS (ed.)). PT Perca.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Firda Nugraheni Cahyaningtyas, Mega Arif Marintan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.